Catat! Anda Harus Punya 5 Kriteria Ini Jika Ingin Diterima Kerja di Perusahaan

  • Whatsapp
ilustrasi pencari kerja
Ilustrasi pencari kerja. (Foto: Medcom)

BacaJogja – Bagi Anda yang sedang mencari atau melamar pekerjaan, ada baiknya menyimak potensi diri yang dimiliki. Selain itu, mempersiapkan segala sesuatunya dalam menghadapi interview juga tidak kalah penting.

DIREKTUR Pemasaran Regional PT Pertamina Patra Niaga sekaligus bagian dari Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (KAGAMA), Mars Ega Legowo Putra, S.T., M.B.A berbagi pengalaman dan tips sukses. Dia memaparkannya saat memberi pembekalan kepada 1.423 Calon Wisudawan di Grha Sabha Pramana, Selasa (21/5).

Read More

Menurut dia, persaingan dalam dunia kerja merupakan tantangan sekaligus motivasi. Dirinya dulu kerap mengikuti program try out yang diadakan oleh berbagai perusahaan. Usaha tersebut ternyata membawanya pada tawaran pekerjaan yang didapatkan.

Baca Juga: Buruan Daftar! Banyak Lowongan Kerja di Bantul Career Expo 8-10 Agustus 2023

Bahkan ia bisa mendapatkan pekerjaan sebelum lulus kuliah. “Yang hendak saya katakan adalah teman-teman disini dapat melakukan curi start sehingga bisa memperkaya pengalaman kerja nantinya,” ujarnya dikutip dari laman UGM.

Menurut Ega, kompetensi dan skill merupakan salah satu bahan penilaian yang dipegang oleh setiap bagian SDM perusahaan. Ega membagikan lima kriteria penting yang dicari pada seorang karyawan, yakni kepribadian, motivasi, kompetensi dasar, energi, dan reputasi.

Baca Juga: Lowongan Kerja Perusahaan Swedia, Seleksi di Disnakertrans Bantul

“Selain mencari karakter yang sesuai dengan posisi yang diincar, penting juga untuk memahami motivasi calon seperti kontribusi yang ingin mereka berikan, kompetensi dasar yang mereka kuasai, energi untuk melakukan eksekusi, serta kemampuan untuk menjaga reputasi yang baik,” paparnya.

Ega juga memberikan konsep Volatility, Uncertainty, Complexity, dan Ambiguity (VUCA) yang dapat digunakan untuk beradaptasi dengan lingkungan bisnis yang cepat berubah dan sulit diprediksi. penting bagi calon pekerja untuk memiliki strategi yang lebih adaptif dan responsif dalam menghadapi lingkungan yang tidak stabil dan berubah dengan cepat.

Baca Juga: Buruan Daftar! Lowongan Kerja Bank Indonesia, Cek Syarat dan Ketentuan di Sini

Ega mengarahkan calon wisudawan untuk mempersiapkan mission statement setiap hendak melamar pekerjaan. “Dapat berupa kontribusi, yakni cara kita mengutamakan kewajiban daripada hak, dilanjutkan dengan keberlanjutan untuk memastikan bahwa kontribusi kita akan menciptakan perusahaan yang berkelanjutan, serta nasionalisme dan pembangunan,” ucapnya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *