Longsor Terjang Lumajang, Satu Meninggal dan Tiga Belum Ditemukan

  • Whatsapp
longsor lumajang
Petugas mengevakuasi korban tanah longsor di Lumajang. (Istimewa)

BacaJogja – Satu orang ditemukan meninggal dampak tanah Longsor yang melanda wilayah Dusun Supit, Desa Pronojiwo, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang, Jawa Timur pada Selasa (4/6) pukul 11.15 WIB. Tiga orang lainnya masih dinyatakan hilang.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari, Ph.D mengatakan, berdasarkan data yang berhasil dihimpun Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB peristiwa ini menelan korban satu orang meninggal dunia.

Read More

Baca Juga: Jadwal SIM Jogja Juni 2024 serta Syarat dan Biaya

“Korban ditemukan sekitar pukul 15.30 WIB dalam kondisi tidak bernyawa,” katanya dalam siaran pers, Rabu, 5 Juni 2024.

Dia mengatakan, akibat kejadian ini terdapat tiga orang yang masih dinyatakan hilang dan masih dalam tahap pencarian. Operasi pencarian akan hari ini (5/6) dengan menyisir sekitar lokasi pertambangan pasir.

Menurut dia, peristiwa ini juga dilaporkan berdampak kerugian materil berupa dua unit truk yang tertimbun longsor. BPBD Lumajang bersama dengan jajaran unsur TNI-Polri, Forkompimcam Pronojiwo, Dinkes P2KB Lumajang, Satpol PP Lumajang, Basarnas Pos SAR Jember dan Relawan segera melakukan evakuasi dan penanganan darurat dilokasi.

Baca Juga: Jam Operasional Empat Objek Wisata di Kawasan Taman Nasional Gunung Merapi

Merujuk prakiraan cuaca BMKG untuk dua hari ke depan (6/6) wilayah Kabupaten Lumajang berpotensi cerah berawan. Namun warga diimbau untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan terhadap potensi longsor susulan. Terlebih bagi tim gabungan yang akan melanjutkan operasi pencarian untuk tetap mematuhi prosedur keselamatan. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *