Gagasan Perubahan Anies Baswedan Menginspirasi Lahirnya Petranas

  • Whatsapp
logo yayasan petranas
Petranas (Istimewa)

BacaJogja – Organisasi bernama Peduli Transformasi Nasional (Petranas) lahir dalan bentuk Yayasan. Lahirnya organisasi ini tak lain dari gagasan Anies Baswedan tentang Perubahan.

Organisasi ini dibentuk sebagai responas perhatian dan keprihatinan rakyat Indonesia terhadap masa depan bangsa dan negaranya, sehingga diperlukan perubahan di segala bidang.

Read More

Animo masyarakat terhadap lahirnya “Yayasan Perubahan” ini sangat tinggi. Petranas sudah terbentuk di semua provinsi di Indonesia, termasuk luar negeri seperti Qatar dan Malaysia. Sedangkan di tingkat kabupaten/kota, sejauh baru Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Baca Juga: Makan Pagi Gratis ala UGM Yogyakarta bagi Mahasiswa selama Ujian Akhir

Ketua DPD Petranas DIY Guntur Surya Alam mengatakan, Yayasan Perubahan atau Petranas ini diinisisasi oleh Dr. Robi Nurhadi dosen Universitas Nasional (Unas) Jakarta yang pada Pilpres 2024 menjadi koordinator Timnas AMIN untuk penggalangan suara dari dalam negeri.

Sebelumnya memang Partai Perubahan, namun Anies Baswedan kurang berkenan dengan pendirian partai. “Pak Anies ibaratnya kalau mau bikin partai ya silakan, tapi tidak mau terlibat,” ungkapnya di Sleman, Yogyakarta, Minggu, 30 Juni 2024.

Menurut dia, hingga kini semua provinsi di Indonesia sudah ada pengurus hariannya; ketua, sekretaris, bendahara (SKB). “Bahkan di Yogakarta sudah terbentuk SKB di semua kabupaten/kota,” ungkapnya.

Baca Juga: Imbauan Forum Tanah Air Agar Tak Salah Pilih Pemimpin pada Pilkada Serentak 2024

Untuk Yogyakarta paling cepat pembentukannya di Indonesia, karena wilayahnya hanya lima kabupaten/kota. “Yogyakarta untuk tingkat cabang sudah semua, mudah karena tinggal jawil-jawil relawan Anies. kini tingkat kabupaten/kota sudah terbentuk, minimal KSB-nya,” jelasnya.

Dokter Bedah di Rumah Sakit Klaten ini mengungkapkan, saat ini terus melakukan koordinasi untuk penguatan struktur tingkat cabang (kabupaten/kota). “Rencananya launching nasional pada pertengahan Juli ini,” ungkapnya.

Baca Juga: Pemkab Sleman Luncurkan Rumah Pangan Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman

Guntur mengungkapkan, yayasan ini didirikan dengan tujuan menjadi lembaga yang mampu memberikan perhatian perubahan atas berbagai keadaan sosial, ekonomi, dan kerakayatan. Selain itu juga terwujudkanya lembaga yang mampu mewarnai kepemimpinan daerah, nasional, hingga internasional.

“Misi ke depan terwujdunya lembaga komunitas yang memiliki anggota, promotor, mediator, fasilitor, sponsor dan donatur serta jaringan yang luas dalam mewujudkan perubahan masyarakat yang lebih baik,” jelasnya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *