UMY Launching Beasiswa Sepak Bola Wujud Peduli Pembinaan Bakat Mahasiswa

  • Whatsapp
launching beasiswa sepak bola UMY
UMY melaunching Beasiswa Sepak Bola sebagai wujud kepedulian dalam membina bakat mahasiswa.(Istimewa)

BacaJogja – Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) meluncurkan Beasiswa Sepak Bola dalam mendukung talenta muda Indonesia khususnya di bidang sepak bola. Sebanyak 17 peserta mengikuti seremonial peluncuran beasiswa tersebut yang dilangsungkan di Lapangan Akademi Sepak Bola UMY pada Senin, 22 Juli 2024 sore.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Al-Islam dan Kemuhammadiyahan Prof. M. Faris Al-Fadhat, S.IP., M.A., Ph.D dalam laporannya mengucap rasa syukur dan banga karena peserta seleksi beasiswa ini berasal dari beberapa wilayah di Indonesia walaupun memiliki latar belakang berbeda tapi memiliki komitmen yang sama.

Read More

Umroh liburan

“Alhamdulillah hari ini kita bisa Launching Beasiswa Sepak Bola UMY dan yang ikut seleksi pada hari ini sebanyak 17 peserta seleksi. Sangat bangga bersyukur karena para peserta datang dari berbagai wilayah di Indonesia yang paling terdekat dari Yogja, Medan, Jakarta, bahkan yang paling jauh dari Samarinda dan Aceh serta memiliki latar belakang sekolah sangat bervariasi dengan komitmen yang begitu kuat,” tutur Faris.

Baca Juga: Daftar 10 Kuliner Khas Yogyakarta yang Kaya Cita Rasa

Faris melaporkan launching beasiswa tersebut akan dilanjutkan dengan seleksi selama dua hari sampai besok Selasa (23/7) yang akan melihat skill individu dan kelompok karena para peseerta ketika lolos wajib mengikuti kegiatan sepakbola di UMY.

Dengan memiliki calon atlet bertalenta baru, Faris menginginkan agar kedepannya dapat mengikti kejuaraan liga regional maupun nasional. “Rencananya akan dilaksanakan selama dua hari seleksi, hari pertama akan dilihat skill individu yang dilaksanakan sore hari ini dan besok akan dilihat skill team worknya bagaimana permainan bersama tim dan bersama UKM sepak bola UMY. Harapan kita ini akan memperkuat tim Persatuan Sepak Bola Hizbul Wathan (PSHW) UMY yang nantinya bisa masuk ke liga regional maupun nasional dan kami memberi dukungan penuh talenta-talenta muda yang akan bergabung dengan UMY,” ungkap Faris.

Kepala Pelatih PSHW UMY, Coach Nopendi menyampaikan bahwa antusiasme adanya beasiswa ini menjadi kebanggaan untuk para siswa atlet sepak bola dan ia dapat mendampingi selama seleksi berlangsung. Kedepannya PSHW UMY dapat memiliki pemain terbaik untuk dapat mengikuti kejuaraan yang saat ini sedang dipersiapkan dan Nopendi terbantu dengan adanya beasiswa ini.

Baca Juga: Daftar 11 Ikon Yogyakarta yang Perlu Anda Ketahui

“Antusiasme yang luar biasa, suatu kebanggaan bisa menggelar beasiswa untuk anak-anak yang berprestasi dibidang sepak bola. Suatu kebanggan saya juga bisa mendampingi mudah-mudahan disini bisa mendapatkan bibit pemain sepak bola yang handal di Indonesia.

Ke depannya PSHW UMY akan mendapatkan pemain-pemain terbaik untu mengarungi liga 3 regional maupun nasional yang sedang dipersiapkan. Melalui beasiswa ini saya dan tim pelatih sangat merasa terbantu untuk mencari bakat-bakat atlet sepak bola.

Acara tersebut langsung diluncurkan oleh Rektor UMY Prof. Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, M.P., IPM, ASEAN Eng. yang kemudian berpesan kepada para peserta agar meningkatkan prestasi bagi talenta muda dan Gunawan berharap salah satu dari peserta beasiswa yang lolos dapat melaju ke salah satu klub sepak bola dan menjadi kebanggaan bersama dimasa depan.

Baca Juga: Semarak Launching Buku “Syaiful Adnan: The Legacy of Saifuli Calligraphy” di Kopi Kuden Bantul Jogja

“Sebagai talenta muda, kita harus meningkatkan prestasi dari berbagai macam sisi seperti bidang sepak bola ini. karena kalian masih sangat muda sehingga peluang berkembang masih sangat jauh demi menyongsong masa depan lewat skill sepak bola. Harapannya ada yang meluncur sampai klub ternama yang besar dan menjadi kebanggaan kita bersama.

Gunawan juga menyampaikan ketika lolos menjadi mahasiswa baru UMY harus seimbang dengan dunia perkuliahan yang juga harus diperhatikan. Gunawan juga mengemukakan akan mengadakann terus beasiswa ini ke depannya

“Walaupun nanti kalian lolos dan menjadi mahasiswa UMY, harus tetap seimbang antara perkuliahan dan sepak bola. Meskipun yang mengantarkan kuliah kalian adalah sepak bola tetapi harus tetap setara dengan perkuliahan yang dijalani. Kemudian event ini akan diadakan berulang setiap tahunnya untuk mencari dan mencetak bibit atlet sepak bola terbaik,” jelas Gunawan.

Baca Juga: Geplak Madu: Solusi Aman dan Mudah Melaporkan Perundungan di Bantul

Hal ini serupa dengan apa yang disampaikan oleh Muhammad Muthi Dzulkarnaen salah satu peserta seleksi Beasiswa Sepak Bola UMY dari Jakarta, ia mengatakan mengetahui beasiswa ini dari sosial media dan berambisi untuk lolos menjadi mahasiswa UMY selain karena dukungan sepak bola tetapi pendidikan juga harus diperhatikan.

“Tahu beasiswa ini dari Instagram. Pada saat itu lagi buka-buka Instagram terus liat beasiswa ini di Instagram terus saya coba-coba daftar. Saya merasa senang, sudah jauh-jauh dari Jakarta mau berjuang disini, saya mau berusaha semoga saya dapat yang terbaik hasilnya. Motivasi saya, karena di UMY ini menekankan agar seimbang untuk mahasiswa yang bermain bola nya bagus tapi pendidikannya juga harus bagus jadi seimbang dan tetap setara,” kata Dzulkarnaen. []

Related posts