209 Lulusan SMA Muhi Yogyakarta Tembus PTN, 72 di Antaranya Kuliah di UGM

  • Whatsapp
lulusan Muhi
Sebanyak 209 Lulusan SMA Muhi Yogyakarta Tembus PTN, 72 di Antaranya Berkuliah di UGM (Istimewa)

BacaJogja – SMA Muhammadiyah 1 (SMA Muhi) Yogyakarta mencatat prestasi gemilang dengan 209 lulusan tahun 2024 berhasil lolos ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di seluruh Indonesia. Jumlah ini meningkat signifikan dibandingkan tahun lalu, yang hanya mencapai 195 lulusan. Dari total tersebut, sebanyak 72 lulusan berhasil diterima di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

Lulusan SMA Muhi Yogyakarta diterima di PTN melalui tiga jalur seleksi: 35 orang melalui jalur SNBP, 46 orang melalui jalur SNBT, dan 128 orang melalui jalur seleksi mandiri.

Read More

Umroh liburan

Baca Juga: Bantul Creative Expo 2024 Dikunjungi 131 Ribu Orang, Transaksi Rp2,9 Miliar

Data terbaru menunjukkan bahwa lulusan SMA Muhi tersebar di 25 PTN di berbagai daerah, termasuk UGM, UPN Veteran Yogyakarta, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, UB di Malang, dan Universitas Negeri Malang, serta berbagai universitas ternama lainnya di seluruh Indonesia.

Guru Bimbingan Konseling SMA Muhi, Nur Erlinasari, M.Pd., mengungkapkan tingginya minat siswa SMA Muhi untuk melanjutkan studi di UGM. “Banyak peserta didik dari luar daerah yang memilih SMA Muhi karena ingin diterima di UGM. Semoga prestasi ini memotivasi adik-adik kelas untuk terus berprestasi dan mengikuti jejak kakak-kakaknya,” ujarnya.

Baca Juga: Apakah Berita yang di-“404 Not Found” Berarti Di-Breidel Digital?

Ia juga menambahkan bahwa tujuh lulusan SMA Muhi diterima di universitas luar negeri seperti Durham University, Udmurt State University, dan University of Malaya.

UGM telah menyelenggarakan Pelatihan Pembelajar Sukses Bagi Mahasiswa Baru (PPSMB) pada 29 Juli hingga 2 Agustus 2024. Selanjutnya, pada 2-3 Agustus 2024, para mahasiswa baru mengikuti pelatihan soft skill dan action plan pada 5-10 Agustus 2024. Di akhir kegiatan PPSMB, 72 lulusan SMA Muhi berfoto bersama sebagai kenang-kenangan.

Kepala SMA Muhi, Drs. H. Herynugroho, M.Pd., memberikan ucapan selamat kepada para alumnus dan berharap keberhasilan ini memotivasi siswa SMA Muhi lainnya. Proses perkuliahan para mahasiswa baru dimulai pada 12 Agustus 2023.

Baca Juga: Muhammadiyah di Persimpangan Jalan: Memurnikan Tauhid, Namun Tercoreng Secara Politik

“SMA Muhi telah menanamkan budaya kompetisi dan prestasi. Tahun ajaran 2023/2024, siswa kami meraih 513 prestasi tingkat daerah hingga internasional,” tambahnya.

SMA Muhi juga membuka pendaftaran peserta didik baru (PPDB) untuk tahun ajaran 2025/2026 mulai 1 Agustus 2024 melalui [link pendaftaran](https://ppdb.smumuhi-yog.sch.id). Sekolah menyediakan beasiswa total sebesar 650 juta rupiah untuk siswa berprestasi.

Wakil Kepala Urusan Kurikulum, Marsuni, S.Pd., menjelaskan bahwa strategi sekolah termasuk pemetaan prestasi dan bimbingan khusus untuk menghadapi UTBK. “Kami melakukan bimbingan khusus setiap pagi untuk persiapan UTBK SNBT-SBMPTN dan pelatihan literasi untuk siswa kelas X dan XI agar mereka terlatih berpikir kritis,” ungkapnya. []

Related posts