BPKH Sambut Kolaborasi Strategis Bank Muamalat dan Muhammadiyah dalam Memperluas Kemaslahatan Umat

  • Whatsapp
MoU BPKH-muhammadiyah
BPKH menyambut positif kolaborasi strategis Bank Muamalat dan Muhammadiyah (Istimewa)

BacaJogja – Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) menyambut dengan antusias kerja sama strategis antara anak usahanya, Bank Muamalat, dan Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah. Kepala Badan Pelaksana BPKH, Fadlul Imansyah, menyebut kolaborasi ini sebagai langkah penting dalam memperluas program kemaslahatan umat.

Fadlul mengungkapkan, “Program-program yang telah didukung BPKH, seperti pendirian Masjid At-Tanwir di Menteng, Pondok Pesantren Muallimin, dan RS Bandung Barat, adalah contoh nyata dari sinergi antara BPKH dan Muhammadiyah,” katanya dalam acara penandatanganan nota kesepahaman yang berlangsung di Yogyakarta pada Rabu, 7 Agustus 2024.

Read More

Umroh liburan

Baca Juga: BPR Syariah BDS Resmikan GRHA BDS dan Launching Produk Cash Waqf Linked Deposit yang Menginspirasi

Penandatanganan nota kesepahaman tersebut dilakukan oleh Direktur Bank Muamalat, Karno, dan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir.

Kerja sama ini mencakup dua ruang lingkup utama: pertama, pemanfaatan jasa dan program Corporate Social Responsibility (CSR) Bank Muamalat untuk mendukung pengembangan cabang, ranting, dan masjid yang dikelola oleh Muhammadiyah. Kedua, Bank Muamalat akan menggandeng lembaga zakat nasional milik Muhammadiyah, Lazismu, untuk berbagai program terkait pengelolaan keuangan dan dukungan zakat.

Baca Juga: KAI Wisata Buka Lowongan Kerja, Catat Ini Syarat dan Ketentuannya

Sebagai bagian dari kerja sama ini, Bank Muamalat berkomitmen untuk menyediakan pembiayaan sebesar Rp2 triliun untuk pengembangan Amal Usaha Muhammadiyah (AUM), yang meliputi rumah sakit, perguruan tinggi, pondok pesantren, dan masjid.

Selain itu, aspek penting lainnya adalah pengelolaan keuangan dan program aggregator haji. Bank Muamalat akan mensosialisasikan serta mengelola keuangan terkait haji di lingkungan Muhammadiyah, memastikan proses yang aman, terjangkau, dan mudah diakses oleh jemaah.

Baca Juga: Resmi! Sri Sultan Teken SK Yogyakarta Darurat Kekeringan

Fadhul berharap kerja sama ini dapat memberikan manfaat signifikan dalam memajukan, mencerdaskan, dan mensejahterakan bangsa. “Dengan langkah strategis ini, BPKH berharap dapat terus berkontribusi dalam meningkatkan kualitas hidup umat melalui berbagai inisiatif yang berfokus pada kebaikan bersama,” tutunya. []

Related posts