Merayakan HUT RI ke-79 di Yogyakarta, Gowes Susur Candi dan Upacara di Tirtosumilir

  • Whatsapp
gowes kemerdekaan
Sekitar 40 peserta sepeda dari berbagai komunitas mengikuti acara “Gowes Songsong Kemerdekaan” susur candi di Yogyakarta. (Istimewa)

BacaJogja – Sekitar 40 peserta sepeda dari berbagai komunitas berkumpul untuk mengikuti acara “Gowes Songsong Kemerdekaan” yang diselenggarakan oleh Gerakan Perubahan Indonesia (GPI), Jogja Ngepit Comunity (JNC), dan LePSK pada Rabu, 14 Agustus 2024.

Acara ini bertujuan merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-79 dengan menyusuri rute sejumlah candi yang ada di Yogyakarta.

Read More

Umroh liburan

Baca Juga: Yogyakarta Catat Tren Positif, Kualitas Udara Membaik pada Agustus 2024

Bertolak dari Warung Konco Dewe di Jombor kemudian menyusuri Riingroad-Selokan Mataram-Sambisari-Plataran-Kedulan-Prambnan-Plaosan 1,2-Sojiwan-Tirtosumilir. Jarak tempuh perjalanan sekitar 40 km.

Sedangkan finish di Tirtosumilir para peserta gowes melakukan upacara sederhana sebagai penutup acara.

Sri Samiasih, Ketua Presidium GPI, mengungkapkan, meskipun bukan pada tanggal 17 Agustus, namun digelar pada 14 Agustus untuk menyelaraskan dengan Hari Pramuka. “Kami ingin merayakan kemerdekaan dengan cara yang berbeda, yaitu dengan gowes sambil mengenal sejarah dan budaya lokal,” katanya.

Baca Juga: Menumbuhkan Jiwa Pramuka Muda yang Tangguh di Era Digital

Dia menambahkan, rute ini sengaja dipilih karena JNC sering melewati jalur ini. Peserta tidak hanya berolahraga tetapi juga belajar tentang kekayaan sejarah Yogyakarta. “Acara ini juga sebagai kesempatan untuk memperkenalkan GPI kepada masyarakat,” ungkapnya

Acara ini, meskipun tidak dilaksanakan pada hari libur nasional, tetap mendapat sambutan antusias dari peserta yang tetap berkomitmen datang meski terikat oleh pekerjaan.

Baca Juga: Menuju Atlet Nasional, Muhammadiyah Perkenalkan Kelas Khusus Olahraga untuk Meningkatkan Prestasi

Selain itu, Sri Samiasih juga mengungkapkan rencana untuk melakukan kegiatan serupa di masa depan dan berharap dapat berkolaborasi dengan yayasan lain untuk memperluas jangkauan acara ini.

“Ke depannya, kami berencana untuk rutin mengadakan gowes dengan tema-tema berbeda, dan kami berharap bisa mengumpulkan lebih banyak peserta dalam setiap acara,” tutur Sri Samiasih penuh harapan. []

Related posts