Tumpeng, Karaoke, dan Tari Nirmala: Kemeriahan Malam Tirakatan di Gamping Sleman

  • Whatsapp
malam tirakatan
Pemotongan Tumpeng pada acara malam tirakatan di Perumahan Metro Harmony Ambar Ketawang, Gamping, Sleman. (Foto: Dien Yafi/BacaJogja)

BacaJogja – Setiap malam menjelang Hari Kemerdekaan, masyarakat Indonesia biasanya mengadakan kegiatan yang disebut Malam Tirakatan. Momen ini dimanfaatkan oleh warga sebagai ajang untuk merayakan keberagaman, kebersamaan, dan persatuan, guna menyongsong Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang lebih baik.

Seperti yang dilakukan di Perumahan Metro Harmony Ambar Ketawang, Gamping, Sleman, Yogyakarta. Acara digelar pada Jumat, 16 Agustus 2024, setelah salat Isya.

Read More

Umroh liburan

Baca Juga: Pendukung Titip Aspirasi ke PKS DIY agar DPP Tetap Usung Anies Baswedan di Pilgub Jakarta

Dengan mengutamakan kebersamaan, acara ini secara otomatis mengundang partisipasi warga. Acara diikuti oleh berbagai elemen masyarakat, mulai dari anak-anak, orang dewasa, hingga orang tua.

Ketua RT setempat Rita mengucapkan terima kasih kepada panitia dan partisipasi warga. “Terima kasih sudah mempersiapkan acara ini dan bapak/ibu yang telah berpartisipasi dari awal gotong royong memasang bendera merah putih hingga malam ini,” ucapnya dalam sambutan.

Baca Juga: BPKH Limited Luncurkan Kolaborasi Strategis dengan Hilton Makkah Convention Center: Era Baru dalam Akomodasi Haji dan Umrah

Selain pemotongan tumpeng seperti pada umumnya, acara ini juga menyertakan pembagian hadiah kepada pemenang perlombaan yang diadakan jauh-jauh hari.

Selain itu, ada lomba karaoke dan makan bersama yang bertujuan untuk meningkatkan keakraban di antara masyarakat. Yang menarik dalam acara ini adalah adanya penampilan tari dari seorang anak kecil bernama Cylo, yang membawkan tarian Nirmala.

Baca Juga: Kesuksesan Dimulai dari Sini: Pesan Prof. Edy untuk Wisudawan UWM Yogyakarta dalam Acara Yudisium

Rita mengajak, “Marilah kita jadikan momen ini menjadi refleksi bagi kita tentang apa yang sudah kita lakukan bagi negara ini.”

Hari ini Sabtu 17 Agustus 2024 Indonesia telah berusia 79 tahun, perjalanan yang sudah cukup panjang sebagai bangsa yang berkembang dan bisa menjadi bangsa yang lebih maju dan baik lagi. Semoga semangat patriotisme tetap terjaga di setiap hati pribadi masing-masing. MERDEKA !!! []

Artikel dikirim oleh Dien Yafi
Mahasiswa Ilmu Komunikasi UMY

Related posts