Ulang Tahun ke-53 di Hari Kemerdekaan, Kisah Unik di Balik Nama Merdekawati

  • Whatsapp
Tusriyatun
Tusriyatun, pemilik nama unik Tusriyatun Merdekawati (Foto: Dien Yafi)

BacaJogja – Kemerdekaan Republik Indonesia diperingati setiap tanggal 17 Agustus. Biasanya, masyarakat merayakan momen ini dengan pemotongan tumpeng sebagai rasa syukur, kebersamaan, dan keberagaman. Tak lupa, doa bersama juga dilangitkan demi Indonesia yang lebih baik di masa depan.

Ada hal unik dari seorang wanita asal Kabupaten Brebes, Jawa Tengah yang bernama Tusriyatun. Perempuan ini memiliki tanggal lahir yang sama dengan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus.

Read More

Umroh liburan

Baca juga: Ini Alasan Warmindo ‘Teteh’ Menjadi Tempat Nongkrong Favorit Mahasiswa UMY

Tanggal lahir yang bertepatan dengan Hari Kemerdekaan memberikan nuansa yang berbeda, biasanya ulang tahun dirayakan bersama orang-orang terdekat saja, namun Tusriyatun dapat merayakan ulang tahunnya sekaligus dengan Hari Kemerdekaan.

Ketika kecil ia diberi nama lengkap Tusriyatun Merdekawati, kini ia bekerja sebagai seorang PNS di Prvinsi Jawa Tengah.

Baca juga: DPC PKB Bantul Resmi Dukung Muhaimin Iskandar Ketua Umum Periode 2024-2029 di Muktamar Bali

Tusriyatun menuturkan, “Pemberian nama ini juga berdasarkan pada tanggal lahir, makannya kenapa dulu dinamakan merdekawati.”

Melihat dari silsilah keluarga dari Tusriyatun, ia juga merupakan anak dari seorang tentara pada zamannya. Itulah mengapa Tusriyatun memiliki nama yang sangat nasionalis, dalam keluarga nya hanya ia dan kakak pertama nya yang memiliki tanggal lahir yang sama, yaitu tanggal 17 Agustus.

Baca juga: Curhat Jumat Bersama Wakapolda DIY, Jawab Keluhan Warga Kulon Progo dan Proses Pembuatan SIM

Akan tetapi nama Merdekawati-nya itu sekarang sudah dihapuskan, alasannya adalah, “Tidak munculnya nama tersebut di akte kelahiran dan ijazah, terus tidak diperbaiki hingga sekarang,” tegas Tusriyatun ketika diwawancarai pada Sabtu 17 Agustus 2024.

Sebagai bentuk rasa syukur, Tusriyatun biasanya merayakan ulang tahunnya dengan makan bersama rekan-rekan kerjanya. Tak lupa, ia selalu menyisihkan uangnya untuk bersedekah setiap harinya.

Baca juga: Ngelaju, Gundah Gulana Mahasiswa Asli Jogja Kuliah di Daerah Sendiri

Tusriyatun saat ini berusia 53 tahun, terpaut cukup jauh dari usia Republik Indonesia yang hari ini genap berusia 79 tahun. Ia dianugerahi dua orang anak, satu anak laki-laki dan satu anak perempuan.

“Harapan untuk NKRI, jaga selalu persatuan dan kesatuan bangsa, dan hidupkan demokrasi yang baik,” harap Tusriyatun dengan yakin. []

Artikel dikirim oleh Dien Yafi
Mahasiswa Ilmu Komunikasi UMY

Related posts