Kedai Sayurmayur24jam.yk, Solusi Belanja Sayur 24 Jam di Yogyakarta Lewat WhatsApp

  • Whatsapp
Kedai Sayurmayur24jam.yk
Salah satu cabang kedai Sayurmayur24jam.yk yang berada di area Tamsis. (Foto Surya Kukuh/BacaJogja)

BacaJogja – Saat ini, kebutuhan sehari-hari dapat diakses dengan lebih mudah. Bahan baku makanan, contohnya, cukup melalui aplikasi WhatsApp (WA), kita bisa mendapatkan kebutuhan yang diinginkan dengan mudah dan cepat. Hal ini menjadi inspirasi bagi Kedai Sayurmayur24jam.yk untuk memberikan pelayanan yang unik bagi para konsumen.

Berawal dari pandemi Covid-19, Kedai Sayurmayur24jam.yk mencoba menawarkan layanan pesan antar kepada konsumen. Kondisi saat itu tidak memungkinkan untuk bertemu secara langsung karena adanya pembatasan sosial.

Read More

Umroh liburan

Baca Juga: Jangan Terkecoh Sandiwara Raja Palsu

Di Kedai Sayurmayur24jam.yk, konsumen bisa mendapatkan layanan pesan antar dengan menghubungi nomor WA yang tersedia. Mekanisme yang digunakan pun terbilang mobile, karena memanfaatkan fitur WA Business, sehingga memudahkan konsumen untuk memilih kebutuhannya.

“Kebutuhan pangan itu sangat penting ya, jadi orang harus makan, yang penting makan sehat, tapi ada keterbatasan dalam pengiriman,” ungkap Ola, selaku pemilik Kedai Sayurmayur24jam.yk, pada Kamis, 22 Agustus 2024.

Ola juga menambahkan bahwa saat itu hanya kedainya yang membuka pelayanan 24 jam di area Yogyakarta. Selain memberikan pelayanan 24 jam, sistem layanan pesan antar juga menjadi daya tarik utama bagi para konsumen.

Baca Juga: Meet The Artist dan Kisah Empat Puluh Malam dan Satunya Hujan di Panggung ARTJOG 2024

Saat ini, Kedai Sayurmayur24jam.yk memiliki banyak cabang yang berada di Kotagede, Kaliurang, Ngasem, Tamsis, Godean, dan wilayah Kasihan. Dengan banyaknya cabang yang ada, hal ini mempermudah mereka dalam mengakomodasi keinginan para konsumen.

Walaupun saat ini bukan lagi masa pandemi, Kedai Sayurmayur24jam.yk tetap menjadi tujuan utama para konsumen. Tidak hanya ibu rumah tangga, mahasiswa pun kerap membeli sayur di kedai ini karena alasan kemudahan dan bisa didatangi kapan saja.

“Jadi kapan pun, kita bisa kirim. Kalau teman-teman mahasiswa yang pulang malam habis kerja kelompok juga tetap dilayani,” ujar Ola mengenai para konsumen yang membeli sayur dan bahan makanan di kedainya.

Baca Juga: Desainer Australia Pukau Jogja Fashion Week 2024 dengan Sentuhan Batik Lokal

Selain melayani pembelian secara online, Kedai Sayurmayur24jam.yk juga tetap memberikan pelayanan secara offline. Cukup dengan menghampiri beberapa cabang di atas, konsumen dapat mendapatkan kebutuhan yang diinginkan. Hal ini juga mempermudah para konsumen yang ingin melihat langsung sayur yang ingin dibeli.

Tak hanya diperuntukkan bagi mahasiswa dan ibu rumah tangga, Kedai Sayurmayur24jam.yk juga menjadi pemasok utama bahan pokok makanan di beberapa restoran di Yogyakarta. “Kita jam tiga, jam dua malam itu harus sudah persiapan untuk kirim ke mereka, jadi sebelum mereka buka, barangnya sudah dikirim malam sebelumnya,” tambah Ola.

Baca Juga: Klitih Beraksi, Korban Tabrak Pohon dan Tenggelam di Selokan Mataram Sleman

Namun, yang menjadi kendala Kedai Sayurmayur24jam.yk saat ini adalah terkait sistem pengiriman. Sistem layanan pesan antar yang harus real-time dan fast response kadang menyulitkan mereka. Suka duka yang dialami Ola sebagai pemilik antara lain pesanan yang mendadak dan keterbatasan akomodasi yang digunakan.

“Kita agak ribet karena mereka pesan untuk katering seperti 600 paket dan barangnya harus dikirim secepat mungkin untuk mengakomodasi kebutuhan konsumen kita,” kata Ola. []

Artikel kiriman Muhammad Surya Kukuh
Mahasiswa Ilmu Komunikasi UMY

Related posts