Layanan Akad Nikah Gratis dan Praktis di Mal Pelayanan Publik Yogyakarta

  • Whatsapp
ilustrasi akad nikah
Ilustrasi akad nikah (Istimewa)

BacaJogja – Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Yogyakarta terus berinovasi dengan menyediakan berbagai layanan publik yang memudahkan warga. Salah satu layanan unggulannya adalah pelaksanaan akad nikah gratis, bekerja sama dengan Kementerian Agama Kota Yogyakarta. Pada Jumat, 4 Oktober 2024, MPP menyelenggarakan akad nikah pasangan Wanda dan Siti Annisa, warga Kemantren Umbulharjo.

Pasangan ini sebelumnya mengikuti bimbingan perkawinan yang digelar oleh Kementerian Agama pada Rabu, 2 Oktober 2024, yang juga bertempat di Mal Pelayanan Publik Kota Yogyakarta. Layanan akad nikah ini merupakan bagian dari kolaborasi antara Pemerintah Kota Yogyakarta dan Kementerian Agama dalam memberikan kemudahan akses pelayanan pernikahan.

Read More

Umroh liburan

Baca Juga: Nasgor Pang: Nasi Goreng Merah yang Viral di Jantung Kota Jogja

Untuk memberikan kenyamanan, MPP menyediakan ruang khusus “Wahyu Tumurun” sebagai lokasi akad nikah. Tidak hanya menyediakan fasilitas untuk akad nikah, MPP juga menawarkan berbagai layanan keagamaan lainnya, termasuk konsultasi keagamaan, pendaftaran nikah, legalisasi kutipan akta nikah, sertifikasi produk halal, hingga **pendaftaran haji online**.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Yogyakarta, Budi Santosa, S.STP., M.Si., menyampaikan harapannya bahwa dengan adanya berbagai layanan ini, masyarakat Yogyakarta akan semakin mudah mengurus berbagai keperluan mereka.

Baca Juga: Tenun dan Stagen di Bantul, Kisah Harti Melestarikan Warisan Leluhur di Tengah Modernisasi

“Kami berharap, layanan di MPP ini dapat benar-benar membantu warga, terutama dengan adanya tempat akad nikah gratis di sini, yang menjadi salah satu kemudahan bagi masyarakat,” ujar Budi Santosa.

Selain layanan pernikahan, kerjasama antara MPP dan Kementerian Agama mencakup berbagai hal seperti pengukuran arah kiblat, izin operasional lembaga pendidikan Al-Quran, Madrasah, Pondok Pesantren, alih nadzir wakaf, ikrar wakaf, hingga sertifikasi produk halal.

Baca Juga: Camping di Potrobayan: Wisata Alam Bantul yang Menawarkan Keindahan dan Kenyamanan Fasilitas Lengkap

Layanan yang ditawarkan MPP diharapkan semakin memperkuat akses masyarakat terhadap berbagai keperluan administrasi, khususnya yang terkait dengan urusan keagamaan.

Dengan terus berkembangnya layanan di Mal Pelayanan Publik Kota Yogyakarta, masyarakat dapat semakin mudah mengakses berbagai layanan penting dalam satu tempat yang nyaman dan efisien. []

Related posts