Penipuan Acara Olahraga di Yogyakarta: IVENDO DIY Tegaskan Tak Terlibat, Masyarakat Diminta Waspada

  • Whatsapp
event olahraga akun-alun kidul
Kondisi panggung acara senam sehat dan sepeda gembira yang gagal dilaksanakan pada Minggu 6 Oktober 2024 pagi. ((Foto: Polresta Yogyakarta))

BacaJogja – Dugaan penipuan acara olahraga yang mengatasnamakan perayaan HUT Kota Yogyakarta ke-268 mencuat ke publik, menimbulkan kekhawatiran di kalangan masyarakat. Indonesia Event Industry Council (IVENDO) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dengan tegas menyatakan bahwa acara tersebut tidak memiliki afiliasi dengan organisasi mereka.

“Kami pastikan bahwa pelaku di balik acara tersebut tidak ada kaitannya dengan IVENDO DIY. Tindakan tersebut sama sekali tidak mencerminkan profesionalisme dan integritas yang selalu kami junjung,” ujar Roswita, Ketua IVENDO DPD DIY dalam siaran pers yang diterima BacaJogja, Rabu, 9 Oktober 2024.

Read More

Umroh akhir tahun

Baca Juga: Polres Bantul Tangkap Jambret Sadis yang Sebabkan Kematian Ibu Rumah Tangga

Kasus ini menjadi pengingat bagi masyarakat untuk lebih berhati-hati dalam memilih acara yang akan diikuti. IVENDO DIY, sebagai wadah bagi para pelaku industri event, menegaskan komitmennya dalam menjaga transparansi, legalitas, dan kualitas setiap acara yang diadakan oleh anggotanya.

Masyarakat diimbau untuk selalu memeriksa legalitas penyelenggara acara dan memastikan bahwa mereka memiliki reputasi yang dapat dipercaya.

Baca Juga: Kisah di Balik WJNC 2024: Pingsan di Kerumunan dan Fasilitas Umum yang Rusak

“Setiap anggota IVENDO wajib memenuhi persyaratan legalitas yang jelas dan terverifikasi. Ini penting agar masyarakat dapat merasa aman saat menghadiri acara yang diadakan oleh anggota kami,” tambah Roswita.

Insiden ini diharapkan tidak mengurangi kepercayaan masyarakat terhadap industri event di Yogyakarta. IVENDO DIY akan terus berkomitmen mengawal standar profesionalisme dan integritas di industri event serta mendukung berbagai inovasi yang membawa dampak positif bagi masyarakat dan ekonomi kreatif di Yogyakarta.

Baca Juga: SSB Bangunharjo Championship 2024 Sukses Digelar: Ini Daftar Juara dan Top Score

Sebelumnya diketahui sejak Minggu pagi, Yogyakarta diramaikan dengan kabar batalnya acara jalan sehat dan sepeda gembira di Alun-alun Kidul. Padahal para peserta sudah membeli tiket seharga Rp25.000 dengan janji akan ada undian berhadiah.

Di lini massanya, Pemkot Yogyakarta menulis pesan yang menegaskan acara jalan sehat dan sepeda gembira itu tidak ada kaitannya dengan perayaan HUT ke-268. Acara besar yang diselenggarakan yaitu Jogja Carnival Night pada Senin malam di kawasan Tugu Yogyakarta.

Pemkot Yogyakarta menuliskan, “Sehubungan dengan adanya informasi terkait acara Jalan Sehat, Senam, dan Sepeda Gembira, kami menegaskan bahwa Pemkot Yogyakarta tidak berafiliasi dengan kegiatan tersebut sehingga dampak yang mungkin timbul dari pelaksanaan kegiatan tersebut di luar tanggung jawab Pemkot Yogyakarta.

Kami menghimbau masyarakat untuk selalu memeriksa keabsahan informasi melalui saluran resmi. Terima kasih.”[]

Related posts