Polda DIY Kirim 100 Tabung Oksigen ke RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

  • Whatsapp
oksigen sardjito
Polda DIY pasok 100 tabung oksigen ke RSUP Sardjito. (Foto: Istimewa)

Yogyakarta – Dari informasi yang beredar di twitter, dari akun @asaibrahim yang mengunggah surat dari Manajemen RSUP Dr. Sardjito, didapati bahwa RS tersebut mengalami krisis oksigen. Surat yang diunggah pada Sabtu, 3 Juli 2021 pukul 20.44 WIB, menyebutkan bahwa kelangkaan oksigen ini baru bisa diatasi pada Minggu 4 Juli 2021 pukul 12.00 WIB.

Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) merespons situasi ini dengan mengirimkan 100 tabung oksigen ke RSUP Dr. Sardjito pada malamnya, sekitar pukul 24.00 WIB.

Read More

Umroh liburan

Baca Juga:

Menurut keterangan singkat Kabid Humas Polda DIY Komisaris Besar Polisi Yuliyanto, 100 Tabung Oksigen tersebut berasal dari RS Bhayangkara. “100 tabung oksigen tersebut adalah oksigen yang dialokasikan untuk RS Bhayangkara dan Urkes di Polres Jajaran, melihat situasi di Sardjito yang urgen, maka pimpinan berkeputusan untuk mendahulukan Sardjito,” katanya, Minggu, 4 Juli 2021.

Dia mengatakan, RS Bhayangkara yang mengirimkan 100 tabung oksigen tersebut dimungkinkan karena beban pasien di RS Bhayangkara dan Urkes Polres Jajaran tidak seberat di RSUP Dr. Sardjito.

“100 tabung oksigen tersebut adalah oksigen yang dialokasikan untuk RS Bhayangkara dan Urkes di Polres Jajaran, melihat situasi di Sardjito yang urgen, maka pimpinan berkeputusan untuk mendahulukan Sardjito”

Sebelumnya, Direktur Utama RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta Rukmono Siswishanto mengakui mengalami kelangkaan oksigen. Persediaan oksigen sentral di RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta mengalami penurunan pada Sabtu, 3 Juli 2021 mulai pukul 16.00 WIB sampai dengan kehabisan persediaan oksigen yang diperkirakan pada pukul 18.00 WIB namun pada kenyataannya oksigen central habis pada sekitar pukul 20.00 WIB.

Dari kondisi tersebut, perawatan pasien beralih menggunakan oksigen-oksigen tabung atau oksigen cadangan yang ada termasuk mendapat pinjaman dari RS Akademik UGM dan RSGM /FKG UGM serta Polda DIY. Pukul 00.15 WIB bantuan Polda DIY sebanyak 100 tabung datang dan langsung di distribusikan ke bangsal-bangsal perawatan sambil menunggu kedatangan pasokan dari penyedia oksigen.

Baca Juga:

Pada pukul 03.40 WIB Truk oksigen liquid pertama sudah masuk dan mengisi tabung utama, sehingga oksigen central sudah berfungsi kembali. Di susul truk kedua pada pukul 04.45 WIB masuk pula mengisi tabung central oksigen.

“Datangnya pengisian ini pelayanan untuk sementara sudah menggunakan oksegen sentral kembali, kami berharap kedepan oksigen ini terus lancer dipasok oleh penyedia oksigen untuk memenuhi perawatan bagi pasien yang membutuhkan oksigen,” ungkapnya. []

Related posts