Angin Kencang Terjang Paliyan Gunungkidul, Ratusan Rumah Rusak

  • Whatsapp
angin kencang paliyan
Atap rumah di Paliyan Gunungkidul rusak diterjang angin kencang. (Foto: Istimewa)

Gunungkidul – Hujan disertai angin kencang menerjang tiga padukuhan di Kalurahan Mulusan, Kapanewon Paliyan, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta pada Jumat, 11 Maret 2022 petang. Puluhan rumah mengalami kerusakan serta satu orang dilaporkan terluka dan dilarikan
ke rumah sakit.

Kondisi paling parah terjadi di Padukuhan Karang Miri RT 11,12 & 13 dan Padukuhan Kenteng RT 8 & 9 yang berada di Kalurahan Mulusan. Sejumlah pohon tumbang ada yang menimpa rumah warga. Selain itu atap rumah beterbangan karena tersapu angin kencang.

Read More

Umroh liburan

Baca Juga: Update Dampak Angin Kencang di Semanu Gunungkidul, 527 Rumah Rusak

Suherman, 45 tahun, warga Mulusan mengatakan, kejadiannya sekitar pukul 16.00 WIB. Awalnya dia mendengar suara gemuruh dari atas rumahnya. Tak lama berselang angin kencang datang menerjang puluhan rumah. “Atap rumah saya bagian depan juga beterbangan. Kejadiannya begitu cepat,” katanya.

Pasca angin kencang, personel dari BPBD Gunungkidul, kepolisian, maupun TNI serta dibantu warga dan relawan melakukan evakuasi; membersihkan puing-puing rumah yang dilanda kerusakan serta memotong batang pohon tumbang yang melintang di jalan.

Baca Juga: Angin Kencang Terjang Semanu Gunungkidul, Puluhan Rumah Rusak

Berdasarkan data sementara kerusakan di Padukuhan Karang Miri yang terdampak 58 rumah rusak, Padukuhan Kenteng 90 rumah rusak dan Padukuhan Mulusan 3 rumah rusak. Hingga kini pendataan warga yang terdampak masih berlangsung. []

Related posts