Bank Mandiri Siapkan Uang Tunai Rp31,3 Triliun Antisipasi Kebutuhan Ramadan, Lebaran hingga THR

  • Whatsapp
uang tunai lebaran bank mandiri
Bank Mandiri menyiapkan uang tunai Rp31,3 triliun untuk mengantisipasi kebutuhan Ramadan, Idul Fitri hingga THR. (Foto: Istimewa)

BacaJogja – Bank Mandiri menyiapkan net kebutuhan uang tunai sekitar Rp 31,3 triliun untuk mengantisipasi peningkatan kebutuhan uang tunai di masyarakat saat Ramadan menjelang Lebaran atau Idul Fitri 1445 H selama 30 hari ke depan, yaitu pada 18 Maret – 16 April 2024.

Sebagian besar dari alokasi kebutuhan uang tunai tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhan pengisian ATM Bank Mandiri yang diprediksi mencapai Rp 1,7 triliun per hari selama periode tersebut.

Read More

Umroh akhir tahun

Jumlah net kebutuhan uang tunai ini naik 10,5 persen dibandingkan proyeksi tahun sebelumnya. Kebutuhan uang tuani diperkirakan meningat pesat pada Ramadan dan Idul Fitri, termasuk untuk pembayaran gaji dan THR ASN.

Baca Juga:  Layanan Parkir Sistem Pembayaran Non Tunai di Stasiun Yogyakarta Resmi Berlaku 1 September 2023

Corporate Secretary Bank Mandiri Teuku Ali Usman mengatakan, langkah ini diharapkan dapat membantu nasabah memenuhi berbagai kebutuhan pada periode bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri mendatang, terutama pada masa pembayaran gaji dan THR ASN.

Optimalisasi Pengisian 12.874 Mesin ATM Seluruh Indonesia

Dia mengatakan, untuk mendukung penyaluran uang tunai ke masyarakat, Bank Mandiri sudah mengoptimalisasi pengisian 12.874 mesin ATM/CRM Bank Mandiri yang terhubung dalam jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus di seluruh Indonesia sejak awal bulan ini hingga saat libur Lebaran.

“Bank Mandiri juga mengoptimalkan channel-channel pembayaran online untuk membantu nasabah bertransaksi dengan cepat, antara lain dengan mesin EDC dan aplikasi Livin’ by Mandiri,” kata Ali Usman dalam keterangan resminya, Senin, 18 Maret 2024.

Menurut dia mengingat banyaknya pengguna Livin’ by Mandiri, Bank Mandiri akan mengoptimalisasi kapasitas super app ini menjadi 70.000 (diganti per hari dan volume per hari) transaksi per detik agar tetap dapat memberikan layanan prima pada saat puncak transaksi. “Termasuk layanan BI Fast yang kini menjadi pilihan utama nasabah dalam pengiriman dana,” ungkapnya.

Baca Juga: Jadwal Pasar Murah Sembako 17 Kapanewon di Sleman, 18-28 Maret 2024

Ali mengungkapkan, untuk memastikan kelancaran transaksi BI FAST nasabah, pihaknya akan menyediakan likuiditas yang memadai pada Rekening Settlement Dana (RSD) untuk mengantisipasi lonjakan transaksi BI FAST pada periode Ramadan dan Idul Fitri.

Sedangkan langkah preventive maintenance akan dilakukan pada 10.235 ATM dan 246.000 EDC yang tersebar di seluruh Indonesia, khususnya di lokasi strategis seperti rest area, bandara, stasiun, terminal, pelabuhan, pusat perbelanjaan, hotel, SPBU dan tempat wisata.

Nasabah juga dapat menggunakan Livin’ by Mandiri yang mampu memenuhi berbagai kebutuhan seperti cek saldo, transfer hingga Rp 300 juta, pembayaran tagihan bulanan & e-commerce, top up e-money maupun e-wallet, serta pembayaran dengan QRIS. Bahkan, nasabah juga dapat melakukan pemesanan tiket kereta, pesawat, sampai tempat wisata melalui fitur Sukha pada super app ini.

Baca Juga: Muhammadiyah Gelar Mudik Gratis: Ini Syarat, Ketentuan, dan Rute Tujuan

“Dengan fitur top up Mandiri e-money pada Livin’ by Mandiri, nasabah yang melakukan perjalanan lewat tol akan sangat dimudahkan karena top up dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja,” imbuh Ali.

Siapkan 975.000 Kartu Baru e-Money Pengguna Jalan Tol

Sedangkan bagi pengguna jalan tol yang belum memiliki kartu mandiri e-money, Ali menjelaskan, pihaknya akan menyiapkan stok kartu hingga 975.000 kartu yang dapat diperoleh di cabang, Fitur Sukha di Livin by Mandiri, toko retail (Indomaret, Alfamart, dan lain-lain), outlet resmi Bank Mandiri di e-commerce (Tokopedia, Blibli, Shopee), serta vending machine di lokasi transportasi dan stasiun.

Baca Juga: Solusi Sukses Afiliasi di TikTok, Ini Cara Menggunakan Aplikasi iBooming

Ali menjelaskan, pihaknya juga akan memastikan kesiapan jaringan IT secara optimal untuk mengantisipasi kenaikan transaksi yang dilakukan nasabah pada seluruh channel pembayaran elektronik, dengan membentuk tim monitoring IT yang selalu siaga.

“Tidak hanya itu, selama bulan Ramadhan Bank Mandiri juga memberikan banyak program khusus spesial Ramadhan untuk memanjakan nasabah. Nasabah dapat mengakses ragam program tersebut melalui bmri.id/ramadan2024,” jelas Ali. []

Related posts