Cerita Sherlina dan Sherlita, Si Kembar Berparas Mirip Asal Magetan Lulus Cumlaude UGM

  • Whatsapp
si kembar wisuda
Sherlina dan Sherlita, dua perempuan kembar asal Magetan berhasil Lulus Cumlaude di UGM (Foto: UGM)

BacaJogja – Sherlina Oktavian Putri dan Sherlita Oktavian Putri, saudara kembar asal Magetan, Jawa Tiimur. Keduanya kuliah di Fakultas Biologi UGM Yogyakarta. Keduanya menjalani wisuda, pada waktu yang bersamaan, lulus dengan predikat cumlaude atau pujian.

Sherlina Oktavian Putri nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3.79. Sedangkan Sherlita Oktavian Putri, lulus dengan IPK 3.80. Keduanya angkatan 2020 dan menyelesaikan studi dalam waktu 3 tahun 7 bulan 9 hari. Si Kembar ini diwisuda pada 22 Mei 2024.

Read More

Sherlina (21) mengaku bersama dengan saudara kembarnya sebenarnya tidak pernah merencanakan akan wisuda secara bersamaan. Ia mengaku beruntung karena mereka berdua memiliki para dosen pembimbing skripsi yang memungkinkan mereka bisa menyelesaikan kuliah tepat waktu.

Baca Juga: Kementan Buka Lowongan Kerja Penempatan di 13 Daerah, Cek Syarat dan Posisi yang Dibutuhkan

“Kami tidak merencanakan untuk lulus bersamaan, hal tersebut kami dapatkan karena Dosen Pembimbing Skripsi kami yang sangat membantu dan membimbing dalam penulisan naskah skripsi,” kata Sherlina, Senin (3/6).

Sherlina mengangkat topik penelitian “Pemanfaatan Kayu Apu (Pistia stratiotes L.) sebagai Agen Fitoremediasi Logam Berat Kromium (Cr) pada Air Limbah IPAL Sewon, Bantul” di bawah bimbingan Prof. Dr. Suwarno Hadisusanto, S.U.

Sedangkan Sherlita mengambil judul “Pemanfaatan Eceng Gondok (Eichhornia crassipes (Mart.) Solms) Sebagai Agen Fitoremediasi Timbal (Pb) pada Air Limbah IPAL Sewon, Bantul, Yogyakarta” di bawah bimbingan Dr.rer.nat. Andhika Puspito Nugroho, M.Si.

Baca Juga: Daftar Event Yogyakarta Juni 2024: Dari Konser Westlife, Garebeg Besar hingga Festival KPOP

Saat ditanya, alasan keduanya memilih prodi yang sama saat kuliah di UGM, Sherlina mengaku ia dan Sherlita kebetulan memiliki minat yang sama di pelajaran Biologi sejak di bangku SMA di Kota Magetan, Jawa Timur.

“Kebetulan kami dulu SMA masuk pada jurusan IPA dan cukup menyukai pelajaran Biologi. Kami ingin masuk Biologi UGM karena merupakan salah satu Prodi terbaik di Indonesia, dan dukungan orangtua kami mendorong kami untuk memilih prodi tersebut,” tuturnya.

Dikarenakan lahir kembar, kata Sherlina, sejak di bangku sekolah dasar hingga sekolah menengah, mereka berdua selalu berada di sekolah yang sama hanya saja ditempatkan di kelas yang berbeda. “Kami selalu satu sekolah namun beda kelas,” kenangnya.

Baca Juga: Jangan Salah Naik, Ini Rute Trans Jogja Tujuan Malioboro, Prambanan, dan Bandara Adisutjipto

Memiliki paras yang hampir mirip, Sherlina mengaku ia dan saudara kembarnya Sherlita, sering salah disapa baik oleh guru dan teman sekelasnya. Begitu pun saat di bangku kuliah, beberapa kali dosen keliru memanggil atau menyapa salah satu dari mereka.

“Sering kali dosen maupun teman kesulitan membedakan kami ketika kami datang bersama. Sebenarnya kami kembar biasa, tidak begitu identik, masih mudah untuk membedakan kami,” terang gadis asal Magetan ini.

Selama kuliah di Fakultas Biologi UGM, keduanya memilih indekos di tempat yang sama. Selain bisa saling menjaga dan saling memotivasi satu sama lain dalam menuntut ilmu. Bahkan keduanya saling berbagi informasi soal materi mata kuliah.

Baca Juga: Jadwal KA Prameks dari Stasiun Tugu Jogja, Wates, Jenar, dan Kutoarjo

“Kami tinggal 1 kos. Kami biasanya saling berbagi informasi terkait mata kuliah dikarenakan ada beberapa mata kuliah yang kami beda kelas,” katanya.

Meski selama kuliah tidak banyak mengalami kendala, hanya saja saat ujian skripsi, ia dan Sherlita hampir tidak berbarengan karena salah satu di antara mereka harus menunggu hasil penelitian laboratorium yang belum keluar datanya. “Hanya menunggu hasil lab yang cukup lama yaitu 40 hari baru keluar hasilnya. Untuk ujian skripsi kami hanya beda 1 bulan,” terangnya.

Soal pengalaman selama menempuh kuliah, Sherlita menuturkan bahwa para dosen di Fakultas Biolog sangat membantu dan mendukung mereka dalam menempuh Pendidikan. Para mahasiswa diajak untuk dapat berfikir kritis, mengembangkan pengetahuan, serta mempraktikan ilmu yang didapat secara langsung kepada masyarakat.

Baca Juga: Cerita Vu Minh Anh, Mahasiswi Cantik asal Vietnam Lulus Cumlaude UGM Yogyakarta

“Kita diajak mengikuti program MBKM membangun desa dan adanya Kerja Praktek yang wajib mahasiswa Fakultas Biologi tempuh sebelum melaksanakan Seminar Proposal,” papar Sherlita.

Selain itu, dukungan fasilitas yang ada di Fakultas Biologi sangat mendukung aktivitas kuliah dan praktikum bagi mahasiswa. Bahkan para staf akademik serta laboran sangat sangat cekatan membantu mahasiswa yang kebingungan terkait berkas maupun ketika bekerja di laboratorium.

“Kami sangat merasa senang bisa menamatkan pendidikan S1 di salah satu Universitas terbaik di Indonesia. Pendidikan S1 Biologi menjadikan kami memiliki beberapa peluang besar bagi karier kami kedepannya,” katanya.

Baca Juga: Kawah Nirwana Taman Nasional Bukit Barisan Lampung Erupsi setelah 91 Tahun

Dekan Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada, Prof. Dr. Budi Setiadi Daryono, M.Agr.Sc., menyampaikan ucapan selamat kepada Sherlina dan Sherlita atas kelulusannya.

Ia berharap bisa meniti karir profesional sebab prospek kerja lulusan Biologi sangat terbuka lebar. “Pencapaian mereka tidak hanya membanggakan keluarga dan teman-teman, tetapi juga memberikan kontribusi pada Pendidikan Berkualitas dan Kesetaraan Gender di Indonesia,” ujarnya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *