MONACO 2024: Ajang Kompetisi Nasional untuk Pelajar dengan 18 Cabang Lomba Menarik

  • Whatsapp
SMA MUHI Yogyakarta
SMA MUHI Yogyakarta (Istimewa)

BacaJogja – Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta kembali menyelenggarakan acara tahunan “MONACO” atau Moehi National Competition. Tahun ini, MONACO 2024 menghadirkan 18 cabang lomba yang terbuka untuk pelajar SMP dan SMA sederajat se-Indonesia. Ajang ini diharapkan menjadi wadah bagi para pelajar untuk mengeksplorasi dan mengembangkan bakat mereka, baik dalam bidang akademik maupun non-akademik.

Menurut Yudianto, S.Pd, ketua guru pendamping kegiatan, MONACO 2024 merupakan edisi kesembilan dari kompetisi ini. Dengan tema “Unraveling the Mystery, Make Your Own History,” diharapkan peserta dapat mengungkapkan bakat terpendam mereka dan menciptakan sejarah pribadi melalui kompetisi ini. “Kami berharap kegiatan MONACO #9 mampu menghadirkan peserta untuk mengeksplorasi minat dan bakat mereka yang masih terpendam,” ujarnya.

Read More

Umroh liburan

Baca Juga: Gitaris Voodoo, Edo Widiz Bikin Band E.A.T Rilis Single Menyala Abangku

MONACO 2024 akan dilaksanakan dengan tiga sistem: online, offline, dan hybrid. Meziyadah Kamilah, koordinator panitia bidang pendaftaran, menjelaskan bahwa lomba dengan sistem online akan dilakukan dengan pengumpulan karya secara daring. Untuk sistem offline, babak penyisihan, semifinal, dan final akan dilaksanakan secara tatap muka. Sedangkan sistem hybrid akan menggabungkan kedua metode tersebut, di mana pengumpulan karya dan babak penyisihan dilakukan secara online, sementara semifinal dan final dilaksanakan secara tatap muka.

Pendaftaran resmi untuk MONACO 2024 dibuka mulai 16 Juli 2024 hingga 18 Agustus 2024, atau hingga kuota peserta terpenuhi. Calon peserta dapat mendownload pedoman teknis dan prosedur pendaftaran melalui [link ini]. “Apabila ada hal yang ingin ditanyakan, bisa menghubungi WA 0895-3275-74545. Insya Allah akan kami layani sepenuh hati,” tambah Meziyadah.

Baca Juga: Tiga Atlet Sleman di Kejuaraan Asean School Game Vietnam Terima Uang Pembinaan

Adapun 18 cabang lomba yang dipertandingkan antara lain: Olimpiade IPA, Olimpiade IPS, Olimpiade Matematika, Debat Bahasa Indonesia, Mobile Legends: Bang Bang, Band Competition, Cipta Puisi, Fotografi, Tapak Suci Fighting, Lomba Lintas Alam, Basket, Da’i Muda, MHQ, MTQ, CCAI, Story Telling, Speech Contest, dan Poster Digital.

Lomba ini memperebutkan hadiah jutaan rupiah dan trofi bergilir dari Kemendikbud Ristek RI, Kemenpora RI, dan Pimpinan Pusat Muhammadiyah. “Untuk menyiapkan SDM yang unggul di era industri 4.0, SMA Muhi telah memberikan wadah kompetisi yang positif bagi para pelajar untuk berkarya dan meraih prestasi,” kata Drs. Herynugroho, M.Pd, Kepala SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta.

Baca Juga: Jadwal Pendaftaran, Syarat, dan Ketentuan Beasiswa 1.000 Santri Seluruh Indonesia

Kepala sekolah juga menekankan pentingnya kompetisi seperti MONACO 2024 untuk membekali pelajar menghadapi tantangan di Era Revolusi Industri 4.0. “Kompetisi dan riset harus dilakukan secara terus menerus untuk memecahkan masalah, menciptakan solusi, dan menemukan hal-hal baru yang inovatif guna peningkatan kualitas pendidikan secara berkelanjutan,” pungkasnya.

Dengan berbagai cabang lomba yang menarik dan beragam, MONACO 2024 diharapkan mampu menjadi ajang bergengsi bagi para pelajar untuk menunjukkan kemampuan terbaik mereka dan meraih prestasi gemilang. []

Related posts