Mengapa Ekonomi Kreatif Bisa Menjadi Pilar Kemajuan Masa Depan?

  • Whatsapp
ekonomi kreatif
Seminar internasional bertajuk “2024 International Discussion on Creative Economy: Creative Economy, Our Common Future” atau disingkat IDCE 2024. 9Istimewa)

BacaJogja – Asian Development Bank Institute (ADBI), Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia, dan Asian Creative and Digital Economy Youth Summit (ACE-YS) mengadakan seminar internasional bertajuk “2024 International Discussion on Creative Economy: Creative Economy, Our Common Future” atau disingkat IDCE 2024.

Acara ini diselenggarakan secara hybrid dan melibatkan berbagai pihak seperti pemerintah, pembuat kebijakan, pimpinan industri, pengusaha, artis, akademisi, peneliti, dan berbagai organisasi lainnya.

Read More

Umroh liburan

Baca Juga: Dampak Kesehatan dari Hewan Peliharaan bagi Manusia dan Tips Mengatasinya

Salah satu organisasi yang turut berpartisipasi dalam acara tersebut adalah Swadaya27.com, bagian dari ekosistem Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) yang dibentuk oleh Kemenparekraf. Swadaya27.com mengikuti seminar internasional ini secara daring.

Ekonomi Kreatif: Kunci Kemajuan Ekonomi Berkelanjutan

Dalam kesempatan ini, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Uno, menegaskan bahwa ekonomi kreatif memiliki potensi besar untuk memajukan perekonomian suatu negara. Melalui acara ini, Sandiaga berharap ekonomi kreatif di Asia Pasifik dapat terus berkembang dan menjadi pilar penting dalam pembangunan ekonomi yang berkelanjutan.

“Ekonomi kreatif memiliki potensi besar untuk kemajuan. Seminar ini menjembatani kesenjangan antara era pra-pandemi dan perkembangan normal baru dengan mendorong diskusi bersama untuk mengatasi tantangan serta membentuk masa depan yang inklusif,” ujar Sandiaga Uno dalam pembukaan IDCE 2024.

Baca Juga: Banyak Terbongkar dalam Talkshow APDI, PDNs dan Menkominfo Memang Ambyar

Wawasan Global untuk Industri Kreatif

Dani Satria, founder Swadaya27.com, menyatakan bahwa kegiatan ini sangat penting bagi para pelaku industri kreatif di Asia dan Pasifik. Berbagai topik dan isu yang dibahas dalam IDCE 2024 dapat memberikan wawasan global bagi para pelaku industri kreatif, sehingga dapat meningkatkan kerja sama intersektoral dan antarnegara.

“Dari kegiatan ini, diketahui bahwa ekonomi kreatif memiliki masa depan yang sangat cerah, dengan pertumbuhan tercepat dan paling dinamis,” pungkas Dani Satria.

Seminar internasional IDCE 2024 ini diharapkan dapat mendorong perkembangan ekonomi kreatif di kawasan Asia Pasifik dan memberikan kontribusi signifikan dalam pembangunan ekonomi yang berkelanjutan. []

Related posts