Syauqi Soeratno Calon Kuat Ketua MES DIY, Kenapa?

  • Whatsapp
MES DIY
Pengurus MES DIY saat audensi dengan Wapres RI KH Ma'ruf Amin, ada menteri Teten Masduki, Heroe Purwadi, Pamela Sunardi Sahuri dan Taufik Ridwan (wapres ke kanan) kemudian ada Mursida Rambe, Wawan Harapan, Edi Sunarto, Coach wulan sebelum penyelenggaraan JHF#2. (Istimewa)

BacaJogja – Musyawarah Wilayah Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) DIY yang akan diselenggarakan pada Sabtu, 27 Juli 2024 di Hotel SM Tower sesungguhnya tidak hanya akan memilih ketua dan pengurus wilayah saja. Tetapi sepertinya di setiap perhelatan Musywil sebuah organisasi, memilih calon ketua lebih sensi dari pada membincangkan program ke depan.

Untuk siapakah calon Ketua MES yang akan melanjutkan perjuangannya, Drs H Heroe Purwadi memang tidak menunjuk secara khusus dan sengaja tidak mengkader. Biarlah para pelaku ekonomi syariah dan akademisi yang akan menentukan.

Read More

Umroh liburan

Baca Juga: Dompet Dhuafa dan Bank Jago Kolaborasi Ajak Warga Yogyakarta Hidup Lebih Berkah sesuai Syariah

Maka kemudian bermunculanlah nama nama calon ketua, di antaranya DR (can) Ir. H Sauqi soeratno, MM (pengusaha /Anggota DPD RI), Prof DR Edy Suandi Hamid (ekonom/Rektor UWM Yogyakarta), Hamid Didi Akhyari, Fathul Wahid (Rektor UII).

“Dari nama nama yang beredar, nampaknya mas syauqi Soeratno yang paling kuat, disamping masih muda juga memiliki waktu dan kolega yang luas” kata seorang SC Musywil MES DIY.

Memang, keberadaan MES DIY tidak bisa dipungkiri sangat bergantung kepada aktifitas pemikiran dan aksi sang ketua. Karenanya, ketika sang ketua memiliki jiwa leadership yang memang andal pasti akan menjadikan MES DIY lebih hidup dan makin hebat dalam programnya.

Baca Juga: Pemkab Sleman Resmi Punya BUMD BPR Syariah, Ini Keunggulannya

Saat ini, unggulan Program MES DIY adalah penyelenggaraan Jogja Halal Festival yang berkelas nasional dan bahkan ASEAN. Kemudian program arisan MES dapat menjadikan crowdfunding yang efektif menjadikan banyak program pemberdayaan, kampanye dan pendampingan UMKM Halal dapat berjalan dengan mudah.

“Program arisan MES menjadi unggulan juga karena di situlah program kepedulian sebenarnya terwujud dan ada,” kata Dana Iswati bendahara MES DIY.

Dia menceritakan banyak program dapat terlaksana ketika ada semangat pengumpulan dana dan menjadi tanggungjawab bersama.

Baca Juga: BPKH Hadir untuk Pengelolaan Keuangan Haji Berprinsip Syariah

Pada saat periode Heroe Poerwadi, sebelum JHF#2 dihelat, para pengurus sempat bertemu dengan Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin dan mendapatkan wejangan menarik di antaranya agar MES dapat menjadi lokomotif terwujudnya Indonesia sebagai Pusat Industri Halal dunia.

Misi menjadikan produk halal ini sudah ditata dengan diterbitkannya peraturan pemerintah sebagai undang undang dan hal ini sangat bergantung kepada politicalwill pemerintah dan penegak hukum agar produk halal khususnya di bidang makanan, minuman, kecantikan dan cara sembelih hewan bersertifikat halal dan membuat para konsumen di Indonesia khususnya menjadi tentram dan berkah.

Calon ketua terkuat MES DIY Syauqi Soeratno pastinya kenal baik dengan ketua Pimpinan Pusat MES yang juga menteri BUMN Erick Thohir karena juga sama-sama memiliki pengalaman mengelola sepak bola Indonesia. Benarkah demikian, kita nantikan saat Musywil MES akan digelar pada Sabtu besok. []

Related posts