Pojok Dolanan hingga Amazing Race, Kolaborasi UAD dan Pokdarwis Semarakkan Pasar Blumbang Mataram ke-16

  • Whatsapp
egrang
Egrang, salah satu dolanan anak yang dihadirkan dalam Pasar Blumbang Mataram ke-16 (Istimewa)

BacaJogja – Suasana meriah menyelimuti Desa Wirokerten, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta, pada Minggu, 25 Agustus 2024. Pasalnya, Pasar Blumbang Mataram ke-16 sukses digelar dengan berbagai rangkaian kegiatan menarik.

Kolaborasi antara Mahatrasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) melalui Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) Himpunan Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (HMPS PGSD) dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Wirokerten berhasil menyedot perhatian masyarakat.

Read More

Umroh liburan

Baca Juga: Siswa SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta Belajar Event Organizer, Persiapan Masa Depan Gemilang

Salah satu daya tarik utama pada acara ini adalah adanya amazing race. Peserta diajak berlomba melewati berbagai tantangan seru yang telah disiapkan oleh panitia. Selain itu, ajang pencarian bakat pun turut digelar dengan adanya lomba solo vocal.

Suara merdu para peserta berhasil menghibur pengunjung. Tak ketinggalan, tarian tradisional Bambangan Cakil turut dipentaskan, menambah semarak suasana pasar.

Sebuah program andalan dari PPK Ormawa HMPS PGSD UAD, yakni pojok dolanan anak, kembali hadir di Pasar Blumbang Mataram. Stan ini menyediakan berbagai macam permainan tradisional yang dapat dimainkan oleh anak-anak. Tujuannya, untuk mengenalkan kembali permainan tradisional kepada generasi muda sekaligus melestarikan budaya bangsa.

Baca Juga: Polres Kulon Progo Bekuk Dua WNA Iran Usai Curi Uang di Toko Juice Emak 3

“Momen seperti ini menjadi sangat penting bagi mahasiswa untuk mengembangkan soft skills mereka, khususnya dalam berkolaborasi dan berkomunikasi dengan masyarakat,” tambah Aprida Agung Priambada, S.Pd Jas., M.Or. selaku dosen pembimbing PPK Ormawa HMPS PGSD UAD.

“Saya sangat bangga melihat bagaimana mahasiswa kami mampu mengintegrasikan teori yang mereka pelajari di kelas dengan praktik langsung di lapangan. Ini adalah pengalaman yang tak ternilai bagi mereka.”

dolanan anak
Pojok Dolanan dalam Pasar Blumbang Mataram ke-16 (Istimewa)

Kolaborasi antara Tim PPK Ormawa HMPS PGSD UAD dan Pokdarwis Desa Wirokerten dinilai sangat sukses. Kegiatan ini tidak hanya memberikan hiburan bagi masyarakat, tetapi juga menjadi ajang promosi potensi wisata Desa Wirokerten.

Selain itu, kegiatan ini juga menjadi wadah bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmu yang telah mereka dapatkan di bangku kuliah.

Baca Juga: Ini Nama Kandidat Kepala Daerah di Kabupaten/Kota di DIY yang Didukung Partai Ummat

“Kami sangat antusias dengan antusiasme pengunjung terhadap pojok dolanan anak ini,” ungkap Emilia Cesari selaku Ketua PPK Ormawa HMPS PGSD UAD.

“Anak-anak terlihat sangat senang bermain permainan tradisional. Ini membuktikan bahwa permainan tradisional masih diminati oleh anak-anak zaman sekarang.”

Baca Juga: Kiblat Pertama Membara: Keberanian Pejuang Palestina dalam Karya Deni Je

Kami berharap kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan secara rutin,” ujar Bimo selaku Ketua Desa Wisata Wirokerten. “Selain dapat meningkatkan kunjungan wisatawan, kegiatan ini juga dapat mempererat tali silaturahmi antara masyarakat dan mahasiswa.”

Pasar Blumbang Mataram ke-16 menjadi bukti bahwa kegiatan kolaborasi antara akademisi dan masyarakat dapat memberikan dampak positif yang sangat besar. Kegiatan ini tidak hanya bermanfaat bagi masyarakat sekitar, tetapi juga memberikan pengalaman yang berharga bagi mahasiswa. []

Related posts