Pidato Esti Wijayati Saat Wisuda Universitas Widya Mataram Yogyakarta

  • Whatsapp
Esti Wijayati
Anggota DPR RI Esti Wijayati saat Wisuda di Universitas Widya Mataram Yogyakarta (Istimewa)

BacaJogja – Anggota DPR RI tiga periode, MY. Esti Wijayati, menekankan pentingnya peran lulusan perguruan tinggi dalam mendampingi dan membersamai masyarakat. Menurutnya, para alumni kampus adalah calon pemimpin masa depan yang harus memiliki kemampuan untuk mendengar, memahami, dan berjuang demi aspirasi serta kesejahteraan rakyat.

Hal ini disampaikan Esti dalam pidato wisuda sarjana dan pascasarjana Universitas Widya Mataram (UWM) Yogyakarta yang digelar di Kampus Terpadu UWM, Banyuraden, Gamping, Sleman, Sabtu, 7 September 2024.

Read More

Umroh liburan

Baca Juga: ISMI DIY Siap Gelar KIBAR Se-Jawa untuk Pererat Kolaborasi Saudagar Muslim

“Lulusan perguruan tinggi seharusnya tidak hanya fokus pada kesuksesan pribadi, tetapi juga terlibat aktif dalam masyarakat. Mereka harus mendengar dan berjuang demi kesejahteraan bersama,” ujar Esti yang lulus dari Fakultas Hukum UWM dengan predikat sangat memuaskan.

Politisi PDIP ini juga menekankan bahwa lulusan perguruan tinggi perlu memiliki integritas tinggi, kemampuan beradaptasi dengan situasi, serta menjunjung tinggi nilai adab dan budaya. “Koneksi yang kuat, visi yang jelas, dan keberanian untuk bertindak nyata adalah kunci bagi para lulusan dalam menciptakan perubahan positif,” tambahnya.

Baca Juga: BPKH Gelar Sayembara Logo dan Desain User Interface, Hadiah Puluhan Juta Menanti!

Menurut Esti, lulusan perguruan tinggi harus mampu berinovasi dan memperjuangkan kesejahteraan masyarakat dengan pendekatan yang berorientasi pada perubahan.

Rektor UWM, Prof. Edy Suandi Hamid, menanggapi pidato Esti dengan menyatakan bahwa pesan tersebut sangat relevan, bukan hanya bagi para wisudawan, tetapi juga untuk seluruh cendekiawan.

Dia juga menyoroti bahwa banyak kritikan terhadap lulusan perguruan tinggi saat ini, terutama yang berada di lembaga-lembaga negara. Menurutnya, lemahnya integritas dan etika di kalangan elit politik dan cendekiawan turut berkontribusi pada carut-marut kehidupan ekonomi, politik, dan sosial di Indonesia.

Baca Juga: Halal Beauty Fest 2024: Perpaduan Kecantikan, Bisnis, dan Syariat di JEC Yogyakarta

“Para lulusan perguruan tinggi seharusnya menjadi pilar bangsa yang menjaga integritas dan etika, bukan malah mengorbankannya demi kepentingan pribadi,” tegas Prof. Edy di hadapan para wisudawan.

Dengan semangat yang dibawa oleh para lulusan baru, diharapkan mereka bisa membawa perubahan yang lebih baik bagi bangsa dan negara, sekaligus mengukir prestasi yang bermanfaat bagi masyarakat luas. []

Related posts