Wayang Jogja Night Carnival 2024: Gatotkaca Wirajaya, Puncak HUT ke-268 Kota Yogyakarta

  • Whatsapp
Jumpa pers WJNC 2024
Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Sri Arika Wahyuningsih memberikan keterangan terkait WJNC #9 saat jumpa pers. (Pemkot Yogyakarta)

BacaJogja – Pemerintah Kota Yogyakarta akan kembali menghadirkan Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) pada Senin sore hingga malam hari, sebagai bagian dari perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-268 Kota Yogyakarta. Tahun ini, WJNC mengusung tema *Gatotkaca Wirajaya*, menampilkan karnaval jalanan spektakuler dengan tokoh-tokoh pewayangan yang akan memeriahkan kawasan Tugu Yogyakarta.

Karnaval akan melibatkan 14 kemantren di Yogyakarta, dengan masing-masing kemantren menampilkan tokoh pewayangan dari kisah Gatotkaca, seperti Jabang Tetuka, Brajamusti, dan Abimanyu. Setiap kemantren akan mengirimkan 40-50 penampil, memastikan karnaval ini menjadi salah satu pertunjukan jalanan terbesar di kota.

Read More

Umroh akhir tahun

Baca Juga: SSB Bangunharjo Championship 2024: Menggali Talenta Muda Sepak Bola di Yogyakarta

“Persiapan dari seluruh kemantren sudah siap. Kami telah memantau kesiapan mereka sebelum gladi bersih,” ujar Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Sri Arika Wahyuningsih, saat jumpa pers di Hotel Grand Zuri (4/10/2024).

Kegiatan WJNC tidak hanya menampilkan tokoh-tokoh lokal. Tujuh daerah lain seperti Medan, Kalimantan Timur, dan Ponorogo juga akan turut memeriahkan acara sejak pukul 16.00 WIB. Sebagai salah satu dari Top 10 Karisma Event Nusantara, WJNC terus menarik perhatian wisatawan, menjadikannya bagian penting dari kalender pariwisata Yogyakarta.

Baca Juga: BPKH Limited Luncurkan 14 Varian Bumbu Kampoeng: Masakan Cita Rasa Nusantara untuk Jemaah Haji dan Umrah

WJNC 2024 akan menyoroti nilai-nilai keteladanan, kesetiaan, dan keberanian melalui kisah Gatotkaca, yang diperankan dari lahir hingga kematiannya di medan perang Baratayudha. “WJNC kali ini akan menghadirkan Gatotkaca sebagai simbol kesatria yang setia kepada kewajibannya,” jelas RM Kristiadi, Tim Kreatif WJNC #9.

Acara karnaval utama akan dimulai pukul 19.00 WIB, dimulai dari Jalan Sudirman hingga Jalan Margo Utomo, dengan penutupan jalan di kawasan Tugu mulai pukul 14.00 WIB. []

Related posts