Ingat Kecelakaan Maut Bukit Bego? Ini Pesan Kapolres Bantul pada Pemudik dan Wisatawan

  • Whatsapp
Kapolres Bantul Ihsan
Kapolres Bantul AKBP Ihsan (tengah) saat berada di sekitar lokasi Bukit Bego Imogiri. (Foto: Dok. Polres Bantul)

BacaJogja – Insiden kecelakaan maut di Bukit Bego yang berada di Jalan Imogiri–Dlingo, tepatnya di Dusun Kedung Buweng, Kelurahan Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Yogyakarta, menyebabkan 14 orang meninggal.

Pada arus mudik Lebaran ini, jalur ini sering dilewati pemudik maupun wisatawan. Tentu sangat berisiko jika pengemudi belum mengetahui medan di ruas jalan penghubung ke sejumlah destinasi wisata di Kapanewon Dlingo Bantul ini.

Read More

Umroh liburan

Baca Juga: 7 Hari Kecelakaan Maut, Kerja Bakti dan Doa Bersama di Bukit Bego Imogiri Bantul

Kapolres Bantul AKBP Ihsan mengatakan, jalur ini akan sangat ramai saat arus mudik Lebaran, maka perlu langkah antisipatif agar tidak menimbulkan hal-hal negatif. “Sebagai langkah paling awal agar kejadian kecelakaan tidak terjadi di musim mudik dan wisata tahun ini, maka kami selalu menekankan tentang upaya pencegahan kecelakaan,” katanya.

Ihsan menyarankan bagi wisatawan atau pemudik yang belum tahu medan, harus meningkatkan kewaspadaan. “Pengemudi agar selalu menggunakan persneling kecil atau gigi rendah saat menuruni turunan Watu Goyang agar kecepatan tidak tinggi saat menurun, sehingga dapat dihindarkan demi keselamatan berkendara,” jelasnya.

Baca Juga: Water Cannon Usir Bau Tak Sedap di Lokasi Kecelakaan Maut Bukit Bego Bantul

Seperti diketahui, bus pariwisata GA Trans Mercedes Benz bernomor polisi AD 1507 EH mengalami kecelakaan tunggal di Bukit Bego pada Minggu, 6 Februari 2022. Bus ini merupakan rombongan wisatawan dari Kecamatan Polokerto, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Penyebab kecelakaan karena rem bus tidak berfungsi saat melaju di jalur turunan yang ada di lokasi tersebut. Laju bus tidak dapat dihentikan, baru berhenti setelah menabrak tebing Bukit Bego di sebelah kanan dari arah Dlingo.

Baca Juga: Mengenal Bukit Bego, Lokasi Kecelakaan Maut yang Merenggut 13 Nyawa di Imogiri Bantul

Akibat kejadian ini, 13 orang meninggal dunia. Sedangkan 34 orang mengalami luka-luka. Usai kejadian itu, relawan memasang ribuan ban bekas di sekitar lokasi agar saat terjadi benturan tidak fatal akibatnya. []

Related posts