Pelepasan Purnasiswa SMK Negeri 3 Yogyakarta, 92% Siswa Sudah Siap Menjalani Pilihan Karir

  • Whatsapp
purna siswa smkn 3 yogya
Acara pelepasan Purnasiswa SMKN 3 Yogyakarta. (Istimewa)

BacaJogja – Pelepasan Purnasiswa merupakan kegiatan seremonial di sekolah sebagai penanda waktu jika status siswa telah menjadi alumni serta momentum serah terima tanggungjawab dari pihak sekolah kepada orang tua siswa.

Bertempat di Hall Gatotkaca SMK Negeri 3 Yogyakarta, Sabtu, 18 Mei 2024, Manajemen Sekolah SMK Negeri 3 Yogyakarta dan Komite Sekolah SMKN 3 Yogyakarta adakan kegiatan Pelepasan Purnasiswa Tahun Pelajaran 2023/2024.

Read More

Sebanyak 619 siswa dari 8 konsentrasi keahlian, yaitu Teknik Mesin, Teknik Otomotif, Teknik Kelistrikan, Teknik Elektronika, Teknik Konstruksi dan Properti, Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi, Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan, serta Broadcasting dan Perfilman, telah dilepas sebagai purnasiswa SMK Negeri 3 Yogyakarta.

Baca Juga: Rizqi Hanny Novianti, Anak Buruh Bangunan Wisuda Tercepat dan Cum Laude UNY

Dari sejumlah siswa tersebut, jumlah lulusan terbanyak ada di konsentrasi keahlian Teknik Mesin sejumlah 127 siswa, serta lulusan paling sedikit ada di konsentrasi keahlian Teknik Konstruksi dan Properti sejumlah 27 siswa.

Kepala Sekolah SMK Negeri 3 Yogyakarta, Widada, S.Pd, M.Pd, dalam sambutannya menyatakan bahwa diantara 619 siswa yang dilepas oleh pihak sekolah kepada orang tua diantaranya ada yang sudah bekerja, sudah diterima diperguruan tinggi, dan sudah memulai menjadi wirausaha, baik yang sesuai dengan kompetensinya maupun yang tidak sesuai.

“Saya sampaikan apresiasi kepada ananda yang tercatat dalam tracer study sudah diterima bekerja sesuai dengan kompetensi yang ananda miliki dan dapatkan dari SMK Negeri 3 Yogyakarta. Selamat juga kepada ananda yang sudah diterima perguruan tinggi negeri maupun swasta bagi ananda yang ingin melanjutkan belajar, mudah-mudahan ananda akan semakin berprestasi diperguruan tinggi. Secara khusus, saya sampaikan apresiasi kepada ananda yang sudah tercatat telah memulai wirausaha berbekal kompetensi yang sudah didapatkan,” ungkap Widada.

Baca Juga: Hebat, Anak Pedagang Pasar Godean Raih IPK Tertinggi Wisuda UNY

Berdasarkan data tracer study atau penelusuran kondisi siswa kelas XII yang didapatkan oleh Tim Tracer Study Humas SMK Negeri 3 Yogyakarta sejak 1 Mei hingga 15 Mei 2024 lalu, menyatakan bahwa 92% lulusan Tahun Pelajaran 2023/2024 yang dilepas tahun ini sudah memiliki pilihan karirnya, yaitu di antara mereka ada yang sudah diterima bekerja, sudah diterima di perguruan tinggi, sudah memiliki usaha, sedang mencari pekerjaan, sedang mendaftar kuliah, dan sedang merancang usaha.

“Berdasarkan data yang kami kumpulkan, ada 92% siswa sudah memiliki rencana pilihan karir. 42,7% dari siswa tersebut saat ini sudah memilih akan bekerja, dan untuk siswa yang mau membuat usaha tergolong masih sedikit yaitu 3,4%,” jelas Faiz Mudhokhi, Wakil Kepala Sekolah urusan Humas dan Industri SMKN 3 Yogyakarta.

Berkaitan dengan pilihan karir sebagai wirausahawan, Widada menambahkan bahwa Gubernur Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta setiap tahun selalu mengadakan program wisuda bagi wirausahawan dari lulusan SMK. “Bagi lulusan SMK Negeri 3 Yogyakarta yang nanti sudah berhasil membuat usaha setelah ini, diminta untuk melaporkan kondisi dirinya ke sekolah untuk dapat diajukan diwisuda sebagai wirausahawan lulusan SMK oleh Gubernur DIY,” tambah Widada. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *