Libur Panjang Waisak 23-25 Mei 2024, Commuter Line Yogyakarta-Palur 30 Perjalanan per Hari

  • Whatsapp
Commuter Line Yogyakarta
Commuter Line Yogyakarta. (Foto: Istimewa)

BacaJogja – KAI Commuter kembali mengoperasikan enam perjalanan tambahan Commuter Line Yogyakarta-Palur mulai Kamis (23/5) hingga Minggu (26/5). Penambahan operasonal perjalanan ini merespons kebutuhan warga di masa libur panjang Hari Raya Waisak.

“Mulai Kamis (23/5) hingga Minggu (26/5) total perjalanan Commuter Line Yogyakarta-Palur sebanyak 30 perjalanan per harinya, lebih banyak dibandingkan hari kerja yang mencapai 24 perjalanan,” kata Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba dalam siaran pers, Rabu, 22 Mei 2024.

Read More

Penambahan perjalanan ini sebagai upaya mengantisipasi kenaikan pengguna Commuter Line Yogyakarta. Pasalnya, pada hari libur dipastikan akan lebih ramai dibandingkan hari biasanya.

Baca Juga: Jadwal KRL Jogja Solo dari Stasiun Palur, Jebres, dan Solobalapan 11-12 Mei 2024

Pada libur panjang ini KAI Commuter memprediksi adanya 100 – 130 Ribu pengguna yang akan menggunakan Commuter Line Yogyakarta dengan volume terbanyak pada awal libur Kamis, (23/5) dan akhir libur panjang pada Minggu, (26/5).

Sebelumnya, pada libur panjang peringatan Kenaikan Yesus Kristus lalu, tercatat sebanyak 113.126 pengguna, dengan volume tertinggi sebanyak 33.489 orang.

Selain itu, KAI Commuter tetap mengoperasikan 15 perjalanan dari Stasiun Palur menuju Stasiun Yogyakarta mulai pukul 04.55 hingga pukul 20.53 WIB. Di samping, ada 15 perjalanan dari Stasiun Yogyakarta menuju Stasiun Palur mulai pukul 05.30 hingga pukul 22.35 WIB. Sedangkan Commuter Line Prameks tetap mengoperasikan sebanyak 8 perjalanan tiap harinya mulai pukul 05.25 – 17.50 WIB.

Baca Juga: Jadwal Commuter Line KA Prameks Yogyakarta-Kutoarjo Akhir Pekan Ini

Sepanjang Mei 2024 ini, terpantau di Stasiun Yogyakarta, rata-rata pengguna di stasiun tersebut sebanyak 8.500 – 9.500 orang per hari. Maka itu, Stasiun Yogyakarta menjadi stasiun dengan volume pengguna terbanyak pada hari libur.

“Untuk menghindari kepadatan di stasiun ini , KAI Commuter mengimbau pengguna Commuter Line Yogyakarta untuk naik dari stasiun lainnya seperti Stasiun Lempuyangan. Pasalnya di stasiun ini biasanya mencatat rata-rata volume pengguna sebanyak 2.500 – 3.000 pada hari libur,” jelasnya.

Dengan penambahan perjalanan Commuter Line Yogyakarta-Palur, KAI Commuter berharap dapat memberikan kenyamanan terhadap pengguna yang akan berwisata menggunakan Commuter Line.

Baca Juga: Pengguna Commuter Line Wilayah 6 Yogyakarta Catat Rekor Selama Masa Angkutan Lebaran 2024

Untuk transaksi pembayaran tiket dapat menggunakan Kartu Multi Trip (KMT), Kartu Bank (Flazz, Emoney, Tap Cash, Brizzi) atau QR Code. Sementara untuk pembelian tiket Commuter Line Prameks dapat dipesan melalui Access By KAI ataupun dengan menggunakan KMT dan Kartu Bank sesuai dengan kuota yang tersedia.

Selama perjalanan dengan KA Lokal atau Commuter Line, KAI Commuter mengimbau pengguna tetap mematuhi peraturan yang berlaku, menjaga dan mengawasi anak-anak, menyiapkan perjalanan dengan cermat, menjaga barang bawaan, dan mengikuti arahan petugas. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *