Rute 11 Bregada Keraton Yogyakarta pada Garebeg Besar 18 Juni 2024

  • Whatsapp
garebeg sawal
Prosesi Garebeg Sawal Keraton Yogyakarta. (Foto; Istimewa)

BacaJogja – Keraton Yogyakarta menggelar Hajad Dalem Garebeg Besar 2024/Jimawal 1957 dalam rangka memperingati Hari Raya Iduladha 1445 H. Garebeg Besar digelar pada Selasa, 18 Juni 2024.

Pelaksanaan Garebeg Besar ini digelar secara terbuka dengan iring-iringan 11 Bregada Prajurit Keraton; yakni Bregada Wirabraja, Dhaeng, Patangpuluh, Jagakarya, Prawiratama, Ketanggung, Mantrijero, Nyutra, Bugis, dan Surakarsa.

Read More

Baca Juga: Candi Borobodur, Prambanan, dan Ratu Boko Diskon 30 Persen, Ini Cara dan Ketentuannya

Bregada ini mengawal tujuh buah gunungan. Gunungan merupakan simbol pemberian dari raja kepada rakyatnya atau sedekah yang terdiri dari hasil bumi dan jajanan tradisional seperti wajik.

Sebelum Garebeg Besar, terlebih dulu telah digelar Gladhi Resik Prajurit di Plataran Kamandungan Kidul serta Hajad Dalem Numplak Wajik.

Baca Juga: Jadwal SIM Yogyakarta Juni 2024: Bus Keliling, SIM Corner, Satpas, Syarat dan Biaya

Pada hari pelaksanaa, warga yang hendak berpartisipasi pada prosesi Garebeg Besar, dapat menyaksikannya di Bangsal Pagelaran dan Halaman Masjid Gedhe. Adapun rute yang akan dilewati Bregada Prajurit Keraton Yogyakarta yang mengawal Gunungan Garebeg Besar pada Selasa, 18 Juni 2024 bisa menyimak info grafis di bawah ini:

rute bregada garebeg sawal
Info grafis rute bregada Garebeg Besar (Kraton Jogja)

Jam Operasional Wisata Keraton Yogyakarta

Berkaitan dengan pelaksanaan Hajad Dalem Garebeg Besar, wisata Keraton Yogyakarta juga ditutup. Adapun jadwal penutupan sebagai berikut:
– Wisata Kedhaton, libur pada Senin (17/6) dan Selasa (18/6)
– Wahanarata, libur pada Senin (17/6). Hari Selasa (18/06) buka pukul 11.00 WIB
– Tamansari, libur pada Senin (17/6) []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *