KRL Jogja Solo dan Prameks Tambah Perjalanan Selama Libur Iduladha 2024

  • Whatsapp
stasiun jogja
Suasana Stasiun Tugu Yogyakarta (Istimewa)

BacaJogja – Musim liburan wilayah Yogyakarta dan sekitarnya kerap dipadati para wisatawan, hal tersebut berbanding lurus dengan kenaikan volume pengguna Commuter Line yang sebagai transportasi efektif dan pilihan utama untuk menuju wilayah Yogyakarta, Klaten, Solo, maupun Kutoarjo.

Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan, sebagai antisipasi tren kenaikan pengguna Commuter Line di wilayah Yogyakarta yang diprediksi terjadi pada masa libur panjang peringatan Idul Adha esok, mulai besok Sabtu – Selasa, (15-18/6) KAI Commuter mengoperasikan 8 perjalanan Commuter Line tambahan yang terdiri dari 6 perjalanan tambahan untuk Commuter Line Yogya-Palur dan 2 perjalanan tambahan Comuter Line Prameks.

Read More

Baca Juga: Buron Setahun, Polisi Tangkap Tersangka Penusukan di Jalan Parangtritis Sewon Bantul

“Dengan penambahan perjalanan tersebut, Commuter Line Yogyakarta – Palur menjadi 30 perjalanan tiap harinya mulai pukul 04.55 hingga pukul 22.35 WIB. Sedangkan untuk Commuter Line Prameks menjadi 10 perjalanan tiap harinya mulai pukul 05.25 hingga pukul 18.27 wib,” jelasnya dalam siaran pers, Jumat, 14 Juni 2024.

Dia mengatakan, selama periode libur panjang Idul Adha tersebut KAI Commuter mengoperasikan total perjalanan Commuter Line di wilayah Yogyakarta sebanyak 40 perjalanan dengan total kapasitas angkut pengguna sebesar 48.240 orang per harinya. Diprediksi total volume pengguna Commuter Line Yogya-Palur sebanyak 89.311 orang dan volume pengguna Commuter Line Prameks sebanyak 12.990 orang.

Baca Juga: Pesan Pemkot Yogyakarta terkait Penerimaan Peserta Didik Baru 2024

Menurut data yang tercatat, Stasiun Yogyakarta kerap menjadi stasiun dengan jumlah pengguna terbanyak pada hari libur dengan rata-rata pengguna sebanyak 10 – 12 ribu orang tiap harinya. Untuk meningkatkan keselamatan bersama di tengah volume pengguna yang terus meningkat, Stasiun Yogyakarta juga menerapkan alur pergerakan pengguna yang baru.

Tercatat saat ini rata-rata volume pengguna Commuter Line Yogya-Palur pada hari libur sebanyak 26.748 orang per hari, dengan volume tertinggi sebanyak 41.535 orang pada libur Lebaran Idul Fitri kemarin (13 April 2024). Sedangkan rata-rata volume pengguna Commuter Line Prameks pada hari libur sebanyak 2.969 orang, dengan volume tertinggi sebanyak 6.162 orang di waktu yang sama.

Baca Juga: Jadwal dan Harga Tiket Damri Rute Malioboro, Baron, dan Parangtritis

Mulai Juni ini, para pengguna Commuterline Yogyakarta – Solobalapan / Palur diperkenankan naik ke peron setelah kereta datang dan pintu kereta dibuka. Sebelum kereta datang para pengguna diatur untuk tetap menunggu di area ruang tunggu pengguna Commuterline.

Selain itu, untuk menghindari kepadatan di stasiun tersebut, KAI Commuter mengimbau untuk naik Commuter Line Yogyakarta dari stasiun lainnya seperti stasiun Lempuyangan yang rata-rata volume pengguna sebanyak 3 – 4 ribu orang setiap harinya.

Dengan penambahan operasional layanan ini diharapkan pengguna yang akan berlebaran ataupun berwisata menggunakan commuterline dapat lebih nyaman. Untuk transaksi pembayaran tiket dapat menggunakan Kartu Multi Trip (KMT), Kartu Uang Elektronik Bank, atau QR Code Gotransit by Gojek.

Baca Juga: KAI Wisata Jadi Official Partner Kemenparekraf untuk Misi Penjualan di Shanghai dan Beijing China

Sementara untuk pembelian tiket Commuter Line Prameks dapat dipesan melalui -Access By KAI mulai H-7 dari tanggal keberangkatan ataupun dengan menggunakan KMT dan Kartu Uang Elektronik Bank sesuai dengan kuota yang tersedia.

KAI Commuter mengimbau kepada seluruh pengguna mematuhi peraturan yang berlaku, menjaga dan mengawasi anak-anak selama menggunakan Commuter Line. KAI Commuter juga mengajak pengguna untuk menyiapkan perjalanan dengan cermat, menjaga barang bawaan, dan mengikuti arahan petugas. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *