Commuter Line Yogyakarta Tambah Operasional KRL Jogja Solo dan Prameks 22 Juni-14 Juli 2024

  • Whatsapp
KRL Jogja-Solo
KRL Jogja-Solo (Foto: Istimewa)

BacaJogja – KAI Commuter wilayah 6 Yogyakarta menambah perjalanan Commuter Line di wilayah Yogyakarta, baik KRL Jogja-Solo atau relasi Yogyakarta-Palur dan Prameks relasi Yogyakarta-Kutoarjo pada masa liburan sekolah.

Terhitung mulai besok Sabtu 22 Juni – 14 Juli 2024 akan dioperasikan 6 perjalanan tambahan Commuter Line Yogyakarta-Palur menjadi 30 perjalanan setiap harinya. Sedangkan untuk pelayanan perjalanan Commuter Line Prameks KAI Commuter akan menambah 2 perjalanan tambahan Commuter Line Prameks pada hari Jumat, Sabtu dan Minggu selama periode tersebut (22, 23, 28, 29 dan 30 Juni serta 5, 6, 7, 12, 13 dan 14 Juli 2024) menjadi 10 perjalanan.

Read More

Baca Juga: PLN Tetapkan Masa Siaga Tiga Hari Amankan Listrik Selama Iduladha 2024

Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan, penambahan perjalanan tersebut sebagai antisipasi dan peningkatan layanan kepada pengguna Commuter Line di wilayah Yogyakarta yang kerap mengalami peningkatan jumlah pengguna pada masa liburan. “Seperti diketahui bahwa wilayah Yogyakarta dan Solo merupakan daerah tujuan para wisatawan pada masa liburan,” katanya dalam siaran pers, Jumat, 21 Juni 2024.

Dia menjelaskan, selama Juni 2024 ini, rata-rata volume pengguna Commuter Line Yogyakarta-Palur pada hari libur sebanyak 24.733 orang per hari, dengan volume tertinggi sebanyak 32.328 orang pada Sabtu 1 Juni 2024 kemarin. Sedangkan rata-rata volume pengguna Commuter Line Prameks pada hari libur sebanyak 2.979 orang, dengan volume tertinggi sebanyak 3.162 orang pada libur panjang Idul Adha kemarin (Sabtu, 15 Juni 2024).

Baca Juga: Jakarta Dulu dan Sekarang di Mata Pengusaha Yogyakarta

KAI Commuter memprediksi kenaikan volume pengguna Commuter Line di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya selama masa libur ini. “Diprediksi kenaikan 49% pada volume pengguna Commuter Line Yogyakarta-Palur yaitu total sebanyak 591.482 orang dan kenaikan sebesar 36% pada volume pengguna Commuter Line Prameks atau total sebanyak 89.103 orang,” jelasnya.

Dari pantauan di lapangan, Stasiun Yogyakarta kerap menjadi stasiun dengan jumlah pengguna terbanyak pada hari libur dengan rata-rata pengguna sebanyak 10 – 12 ribu orang tiap harinya. Untuk meningkatkan keselamatan bersama di tengah volume pengguna yang terus meningkat, Stasiun Yogyakarta juga menerapkan alur pergerakan pengguna yang baru.

Baca Juga: Yogyakarta Hanya Sleman yang Dapat Hibah Sarana Budidaya Ikan Air Tawar dari KKP

Mulai Juni ini, para pengguna Commuterline Yogyakarta – Solobalapan / Palur diperkenankan naik ke peron setelah kereta datang dan pintu kereta dibuka. Sebelum kereta datang para pengguna diatur untuk tetap menunggu di area ruang tunggu pengguna Commuterline.

Selain itu, untuk menghindari kepadatan di stasiun tersebut, KAI Commuter mengimbau untuk naik Commuter Line Yogyakarta dari stasiun lainnya seperti stasiun Lempuyangan yang rata-rata volume pengguna sebanyak 3 – 4 ribu orang setiap harinya.

Dengan penambahan operasional layanan perjalanan Commuter Line ini diharapkan pengguna dapat lebih nyaman. Untuk transaksi pembayaran tiket dapat menggunakan Kartu Multi Trip (KMT), Kartu Uang Elektronik Bank, atau QR Code Gotransit by Gojek.

Baca Juga: 45 Persen Perempuan Pernah Mengalami Perlakuan Tidak Menyenangkan di Kantor

Sementara untuk pembelian tiket Commuter Line Prameks dapat dipesan melalui -Access By KAI mulai H-7 dari tanggal keberangkatan ataupun dengan menggunakan KMT dan Kartu Uang Elektronik Bank sesuai dengan kuota yang tersedia.

KAI Commuter mengimbau kepada seluruh pengguna mematuhi peraturan yang berlaku, menjaga dan mengawasi anak-anak selama menggunakan Commuter Line. KAI Commuter juga mengajak pengguna untuk menyiapkan perjalanan dengan cermat, menjaga barang bawaan, dan mengikuti arahan petugas. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *