Daftar 10 Kuliner Khas Yogyakarta yang Kaya Cita Rasa

  • Whatsapp
gudeg jogja
Gudeg, kuliner khas Jogja (gudeg bagong)

BacaJogja – Wisata kuliner terlengkap ya di Yogayakarta. Begitulah kira-kira anggapan banyak orang.

Ya, Yogyakarta dikenal sebagai gudangnya kuliner. Banyak wisatawan datang untuk berburu nikmatnya kuliner khas Yogyakarta.

Read More

Umroh liburan

Bagi wisatawan rasanya belum lengkap mengunjungi Yogyakarta jika belum mencicipi kuliner ikonik yang ada.

Baca Juga: Gudeg Wijilan dan 13 Wisata Kuliner di Kota Yogyakarta

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut daftar 10 kuliner khas dan ikonik di Yogyakarta yang patut dicoba:

1. Gudeg
Makanan khas Yogyakarta yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan, gula, dan berbagai rempah. Biasanya disajikan dengan nasi, ayam, telur, dan krecek (kulit sapi). Kuliner ikonik ini sudah tersebar di sejumlah sudut Yogyakarta.

2. Sate Klathak
Sate kambing yang dibakar dengan menggunakan tusuk besi, biasanya hanya dibumbui dengan garam dan merica. Rasanya sederhana namun lezat. Jajanan ini banyak tersedia di wilayah Jejeran, Wonokromo, Pleret, Bantul.

Baca Juga: Wajib Dicoba, Empat Makanan Khas Jogja yang Tidak Manis!

3. Bakpia Pathok
Kue kecil yang diisi dengan berbagai macam isi, seperti kacang hijau, cokelat, dan keju. Bakpia Pathok menjadi oleh-oleh khas dari Yogyakarta. Pusat pembuatan bakpia ini berada di Kampung Pathok, Purwodiningratan, Ngampilan, Yogyakarta. Lokasi berada di sisi barat Malioboro.

4. Nasi Kucing
Porsi kecil nasi dengan berbagai lauk sederhana seperti sambal, ikan teri, dan tempe. Biasanya dijual di angkringan.

5. Oseng-Oseng Mercon
Masakan pedas yang terdiri dari daging sapi atau kikil yang dimasak dengan banyak cabai. Sesuai dengan namanya, rasanya sangat pedas seperti mercon (petasan).

Baca Juga: Omah Jadah Kaliurang, Kuliner Jadah Tempe Jadi Magnet Wisata Sleman

6. Wedang Ronde
Minuman hangat yang terdiri dari bola-bola ketan berisi kacang, disajikan dalam kuah jahe manis. Sangat cocok diminum saat malam hari, khususnya saat hujan atau malam di musim kemarau (bediding).

7. Jadah Tempe
Kombinasi ketan yang dipadatkan (jadah) dengan tempe bacem yang manis. Biasanya dijual di sekitar kawasan Kaliurang.

8. Mangut Lele
Hidangan yang terdiri dari lele asap yang dimasak dalam kuah santan pedas. Rasanya khas dengan aroma asap yang kuat dan bumbu rempah yang meresap.

Baca Juga: Bakpia Day 2022, 15.000 Jajanan Jawa-Tionghoa Ini Dibagikan Gratis di Yogyakarta

9. Bakmi Jawa
Mi kuning atau bihun yang dimasak dengan kaldu ayam kampung, biasanya dimasak di atas tungku arang. Tersedia dalam varian goreng (kering) atau rebus (berkuah).

10. Kipo
Jajanan tradisional dari Kotagede, terbuat dari tepung ketan yang diisi dengan parutan kelapa dan gula merah, lalu dipanggang hingga matang.

Daftar di atas memberikan variasi kuliner yang lebih unik dengan tetap menggambarkan kekayaan rasa dan tradisi kuliner Yogyakarta. Selamat berburu dan mencicipi kuliner ikonik Jogja! []

Related posts