Wajib Dicoba, Empat Makanan Khas Jogja yang Tidak Manis!

  • Whatsapp
Tugu Jogja
Ilustrasi Tugu Pal Putih Jogja. (Foto: Facebook/Istimewa)

BacaJogja – Yogyakarta punya beribu cerita. Tak hanya destinasi wisata yang menawan dan beragam, namun juga kulinernya.

Biasanya kuluner khas Jogja punya cita rasa manis yang khas pada setiap masakannya. Hal ini yang melekat di benak setiap orang saat mencicip makanan di Jogja.

Read More

Baca Juga: Omah Jadah Kaliurang, Kuliner Jadah Tempe Jadi Magnet Wisata Sleman

Makanan manis di Jogja seperti gudeg. Begitu juga jajanan seperti Kembang Waru yang merupakan jajanan tradisional yang berasal dari Kotagede Yogyakarta. Kue ini memiliki bentuk menyerupai bunga pohon waru berwarna kecokelatan bercita rasa manis.

Ada juga kipo. Konon, nama makanan ini berasal dari akronim Iki opo artinya ini apa. Akronim pertanyaan ini menjadi nama kue ini. Bahan yang digunakan dalam pembuatan kue kipo ini adalah tepung ketan yang di dalamnya diisi enten-enten atau unti kelapa. Makanan rasa manis ini bisa ditemui di Kotagede.

Baca Juga: Sensasi Ronde Ceplus dan Bir Jawa di Taman Kuliner Kebon Jati Pleret Bantul

Ternyata tidak semua makanan khas Jogja manis. Antara lain Mie Lethek Bantul dengan rasa asin dan gurih, Walang Goreng Gunungkidul yang asin, Geblek Kulon Progo dengan rasa sedikit asin, Jadah Tempe khas Kaliurang, Sleman dengan cita rasa gurih berpadu dengan rempah yang legit.

Berikut empat makanan khas Jogja yang berasa tidak manis yang wajib dicoba:

Jadah Tempe
Jadah tempe makanan kgas Yogyakarta yang ditemukan di Kaliurang, Sleman. Jadah yang lembut dan gurih berbandin terbalik dengan tempe bacem yang manis gula merah

Baca Juga: Rekomendasi Objek Wisata dan Kuliner di Bumi Menoreh Kulon Progo

Walang Goreng
Walang goreng merupakanan makanan berbahan dasar belalang. Makanan khas Gunungkidul ini dapat dijadikan sebagai sumber protein, memiliki rasa yag gurih dengan tekstur renyah.

Mi Lethek
Mi letek merupakan salah satu pusaka kuliner dari Srandakan Bantul. Disebut letek karena warnanya kusam. Mi lethek dibuat dari tepung tapioka dan singkong kering yang disebut gaplek.

Geblek
Geblek merupakan makanan tradisional khas Kulon Progo. Dibuat dari bahan tepung tapioka dan bumbu bawang yang digoreng gurih. Bentuknya seperti angka delapan berwarna putih bersih dan diolah dengan cara digoreng. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *