Mengenal Purbayan, Kampung Wisata Yogyakarta Terbaik Kedua di Indonesia

  • Whatsapp
kampung wisata purbayan
Kampung Wisata Purbayan, Kotagede, Kota Yogyakarta. (Foto: Istimewa)

BacaJogja – Kampung Wisata Purbayan mendapat penghargaan sebagai Desa Berkembang Terbaik Kedua dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2023 oleh Kemenparekraf belum lama ini.

Pejabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo mengatakan, penghargaan tersebut menjadi satu bukti bahwa meski tidak memiliki destinasi wisata alam, Kota Yogyakarta punya potensi wisata sejarah dan budaya yang kuat.

Read More

Baca Juga: Batik Ratmotirto, Cinderamata Kampung Wisata Ratmakan Yogyakarta

“Kota Yogyakarta luasnya hanya 32 kilometer persegi, potensi yang terus bisa dikembangkan dan diperkuat adalah wisata seni, budaya dan sejarah berbasis masyarakat atau komunitas, seperti halnya Kampung Wisata Purbayan yang telah diakui sebagai desa wisata berkembang terbaik kedua pada ADWI 2023,” jelasnya, Senin, 4 September di Yogyakarta.

Kampung Wisata Purbayan terletak di kecamatan Kotagede Yogyakarta. Nama Purbayan sendiri berasal dari nama Pangeran Purbaya yang merupakan salah seorang anak dari Panembahan Senopati, Raja Mataram Islam yang pertama (1586-1601).

Baca Juga: Pesona Warna-warni Mural Suryatmajan Menjadi Kampung Wisata di Yogyakarta

Kerajaan Mataram ini mengalami keemasan pada masa pemerintahan Sultan Agung (1613-1645), yang merupakan raja ke 3 kerajaan Mataram Islam.

Branding kampung wisata Purbayan adalah Kampung Pusaka dan Penjaga Tradisi.

Sebagai kampung pusaka, Purbayan masih menyimpan banyak situs peninggalan kerajaan Mataram dan juga masih banyak terdapat rumah tradisional khas Kotagede.

Baca Juga: Lima Kampung Wisata Ini Ada Kehangatan Khas Warga Yogyakarta

Sebagai kampung penjaga tradisi, Purbayan masih memiliki banyak pengrajin perak yang masih berproduksi dan aktif menjaga tradisi Kotagede yang dikenal sebagai kota perak.

Selain kerajinan perak, di kampung wisata Purbayan juga terdapat kuliner khas yaitu roti kembang waru, legamara, ukel dan banjar.

Kampung Wisata Purbayan sudah menyiapkan paket-paket wisata untuk mengeksplore potensi sejarah, budaya dan juga estetika visual khas Kotagede. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *