Lima Kampung Wisata Ini Ada Kehangatan Khas Warga Yogyakarta

  • Whatsapp
petilasan warungboto
Situs pesanggrahan di Kampung Wisata Warungboto. (Foto: Pemkot Jogja)

BacaJogja – Jogja itu ngangenin. Ada sesuatu di Jogja. Hujan yang menguyur Jogja, tidak meninggalkan genangan, tapi kenangan. Begitu banyak orang berkomentar tentang Yogyakarta.

Apa sih, yang bikin selalu rindu datang ke Jogja? Salah satunya adalah kehangatan masyarakat Yogyakarta yang menyambut dan menerima wisatawan seperti keluarga. Begitu juga dengan lima kampung wisata di Kota Wisata ini.

Read More

Baca Juga: Daftar Enam Desa Wisata Terbaik di Daerah Istimewa Yogyakarta 2022

Nah, berikut lima kampung wisata yang wajib dikunjungi saat di Yogyakarta:
1. Kampung Wisata Purbayan

Nama Purbayan konon berasal dari nama seorang pangeran yang bernama Pangeran Purboyo putra dari Panembahan Senopati. Kampung wisata Purbayan berada di di Kelurahan Purbayan, Kemantren Kotagede.

Di tempat ini berada di Kawasan Cagar Budaya Kotagede yang sebagian wilayahnya menjadi bagian Kabupaten Bantul. Di kampung ini dijumpai rumah-rumah Joglo lawas, situ bersejarah sarat kisah, kerajinan peran yang khas dan manisnya cokelat monggo menjadi daya tarik yang tidak ditemukan di tempat lain.

Baca Juga: Empat Desa Wisata di Bantul Raih Penghargaan Trisakti Tourism Award 2021

Kampung wisata purbayan
Kampung Wisata Purbayan di Kotagede. (Foto: Dok. Pemkot Jogja)

2. Kampung Wisata Rejowinangun

Salah satu kampung terbaik yang diperkaya olahan kuliner legendaris, cinera mata ikonik, dan kampung hijau yang tertata apik.

Kampung Wisata Rejowinangun didukung tujuh klasifikasi antara lain kerajinan, seni budaya, kuliner, edukasi agro, souvenir, dan sejarah. Secara kewilayahan kampung ini berada di Kelurahan Rejowinangun, Kemantren Kotagede. Lokasinya berdekatan dengan obyek wisata Gembiraloka Zoo.

3. Kampung Wisata Warungboto

Kampung ini sarat keagungan masa silam. Bangunan cagat budaya Umbul Warungboto adalah destinasi yang menarik dikunjungi.

Warungboto yang berada di Kemantren Umbulharjo ini konon merupakan kampung yang berada di sekitar petilasan “Umbul Warungboto” yang merupakan bagian dari pesanggrahan Rejowinangun yang didirikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono II. Keberadaan telaga lalu diabadikan menjadi telaga Umbul yang menyejahterakan bagi warga sekitar Warungboto.

Baca Juga: Jogja Heritage Track, Berkeliling Mengunjungi Sumbu Filosofi Yogyakarta

4. Kampung Wisata Kauman

Kampung Wisata Kauman berada di Kelurahan Ngupasan, Kemantren Gondomanan. Menawarkan wisata religi Islam penuh nostalgia, melalui lorong dan gang berpagar rumah lama, Kagungan Dalem Masjid Gede Kauman serta bangunan bernilai historis lainnya.

Di kampung ini seperti napak tilas sejarah Syiar keislaman khususnya berdirinya organisasi Islam, Muhammadiyah di Yogyakarta dan Indonesia.

kampung wisata kadipaten
Kampung Wisata Kadipaten di Kemantrem Kraton. (Foto: Dok. Pemkot Jogja)

5. Kampung Wisata Kadipaten

Kampung ini berada di Kelurahan Kadipaten, Kemantren Kraton. Kamoung wisata yang memiliki tagline “Art and Heritage Turism” ini keberadaannya sebagai penyangga obyek wisata Keraton Yogyakarta.

Nama Kadipaten berasal dari nama kawasan yang banyak terdapat bangunan situs cagar budaya. Di tempat ini banyak ditinggali kerabat sekaligus sebagai pengagung Keraton.

Baca Juga: Masjid Saka Tunggal Tamansari Keraton Yogyakarta, Unik dan Sarat Filosofi

Bagi penyuka budaya, luangkan waktu mampir di kampung ini. Di Dalem Kaneman bisa menghabiskan waktu sore hari dengan ditemani gamelan dan tarian.

Mumpung sebentar lagi libur Lebaran, luangkan waktu mengunjungi lima kampung wisata di Kota Yogyakarta ini. Setidaknya sebagai pengobat rindu berat yang sudah sekian lama tidak mudik karena pagebluk corona. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *