Jogja Heritage Track, Berkeliling Mengunjungi Sumbu Filosofi Yogyakarta

  • Whatsapp
Jogja Heritage Track
Jogja Heritage Track, program BPKSF Dinas Kebduayaan DIY. (Foto: Istimewa)

Yogyakarta – Yogyakarta kini memiliki program Jogja Heritage Track atau JHT. Jogja Heritage Track ini merupakan program Balai Pengelola Kawasan Sumbu Filosofi (BPKSF) yang berada di bawah naungan Dinas Kebudyaaan atau Kunda Kabudayan Daerah Istimewa Yoggakarta (DIY).

Program ini lahir untuk mensosialisasikan hal-hal terkait Sumbu Filosofi Yogyakarta. Pengunjung diajak berkeliling melalui kawasan Sumbu Filosofis ditemani oleh pemandu. Dipastikan pengujung akan mendapatkan ilmu, sejarah dan kisah menarik dari setiap tempat yang dilewati.

Read More

Baca Juga: Resmi, Sri Sultan Terbitkan Surat Edaran Larangan Operasional Otoped di Malioboro

Ada sembilan track yang akan dikunjungui yakni: Sangkaning Dumadi, Paraning Dumadi, lalu pada Ramadan ini ada tur religius. Ada dua tur religius yakni mengunjungi Kagungan Dalem Masjid Gedhe Kauman dan Masjid Jogokariyan.

Selanjutnya ada track legacy atau terkait takhta atau legitimasi kekuasaan. Ada pula Track Colonial, yakni mengunjungi bangunan-bangunan zaman kolonial selanjutan ada Track Historical.

Baca Juga: 10 Spot Foto Instagramable Gratis di Sepanjang Sumbu Filosofi Yogyakarta

Dan yang terakhir Heritage Track, di mana akan full mengunjungi dari Sangkaning Dunamdi dan Paraning dumadi dengan bersepeda dari Tugu Pal Putih Yogyakarta hingga Panggung Krapyak. Untuk sepeda tidak perlu khawatir karena sudah disiapkan oleh BPKSF.

Baca Juga: Tugu Golong-Gilig, Karya Mangkubumi Pendiri Keraton Yogyakarta yang Tak Lagi Sama

Program ini rencananya dilaunching setelah Lebaran 2022. Lalu berapa biayanya untuk bisa menikmati program Jogja Heritage Track? Jangan khawatir, semuanya gratis. Info lebih lanjut silakan kunjungi @sumbufilosofi atau @dinaskebudayaandiy. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *