10 Spot Foto Instagramable Gratis di Sepanjang Sumbu Filosofi Yogyakarta

  • Whatsapp
tugu jogja
Tugu Jogja. (Foto: Info Wisata Jogja)

Yogyakarta – Mencari spot keren di Yogakarta tidak harus keluar duit. Tidak pula harus beli tiket masuk objek wisata untuk berfoto selfi atau ramai-ramai demi spot yang Instagramable.

Salah satunya di Kota Yogyakarta. Di sepanjang Sumbu Filosofi Yogyakarta menjadi spot selfi yang gratis namun keren. Sumbu filosofi atau yang juga disebut garis imajiner, melewati beberapa bangunan monumental di Kota Yogyakarta. Garis ini melewati Panggung Krapyak-Keraton Yogyakarta- Tugu Pal Putih. Dari tempat-tempat itu jika ditarik garis lurus ke selatan maka bertemu Pantai Parangkusumo Bantul. Jika ditarik lurus ke utara akan bertemu Gunung Merapi Sleman.

Read More

Baca Juga: Tumpeng Menoreh Kulon Progo, Perpaduan Wisata Alam dan Kuliner yang Wajib Dikunjungi

Nah, berikut ini spot keren berdasarkan unggahan netizen yang mendapat banyak tanggapan di media sosial:

1. Tugu Pal Putih
Bangunan tugu yang menjulang di tengah jalan ini menjadi ajang pelancong berfoto di sana. Banyak warga yang berfoto selfi dengan background bangunan karya pendiri Keraton Yogyakarta Pangeran Mangkubumi ini. Setiap unggahan foto berlatar belakang Tugu Pal Putih di media sosial selalu mendapat banyak tanggapan like dari warganet.

2. Loko Cafe
Lebih tepatnya di sisi selatan Loco Cafe, tepat di muka Jalan Pasar Kembang. Di sini ada tulisan “Yogyakarta” berukuran besar dan berwarna warni hurufnya, sehingga menarik wisatawan untuk berfoto di sana. Anda bisa mencobanya dengan duduk di atas bangunan mirip bola dengan background tulisan Yogyakarta ini.

Loko Cafe Malioboro Yogyakarta. (Foto: Facebook/Tri Joko)

Baca Juga:

3. Sepanjang Jalan Malioboro
Belum lengkap mengunjungi Yogyakarta jika belum berfoto di Malioboro, begitu kira-kira pendapat banyak orang. Di sepanjang jalur semi pedestrian ini, semakin lengkap dengan dihiasi ornamen maupun seni intalasi sehingga menarik untuk spot foto. Di sepanjang Malioboro ini ada lima zona, di mana setiap zona ada patung dengan baju peranakan khas Jawa. Anda bisa berfoto di samping atau di depan patung.

Oh iya, jika pengen berfoto dengan pakaian khas Jawa baik perempuan maupun pria, di sana juga ada jasa penyewaan pakaian tersebut. Lengkap deh, mengunjungi Yogyakarta dengan kostum sewaan tadi.

Altternatif spot foto lainnya di Jalan Malioboro ini ada petugas atau Bregada Rakyat Malioboro. Anda bisa meminta waktunya kepada pasukan untuk berfoto bersama Anda.

Baca Juga: Pantai Jogan, Pesona Menakjubkan Air Terjun Pengantin dengan Bibir Laut di Gunungkidul

4. Gapura Ketandan
Di Jalan Malioboro ada gapura Ketandan, membedakan dengan ruas jalan di sirip-sirip Malioboro. Gapura ini merupakan pintu masuk Kampung Pecinan Yogyakarta. Di depan gapura ini, Anda bisa berfoto ria dengan background khas Tionghoa. Lebih keren saat perayaan Imlek yang dihiasi pernak-pernik seperti lampion. Di Kampung Pecinan Ketandan ini setiap tahun digunakan untuk perayaaan Pekan Budaya Tinghoa Yogyakarta merayakan Imlek.

5. Pasar Beringharjo
Pasar tradisional terbesar di Yogyakarta yang berkaitan erat dengan Keraton ini menjadi daya tarik wisawatan. Selain belanja batik yang lengkap, di kawasan Pasar Beringharjo ini juga keren untuk ajang foto-foto.

6. Istana Gedung Agung dan Benteng Vredeburg
Wisatawan biasanya berfoto dengan background bangunan bersejarah Istana Presiden Gedung Agung di sisi barat Jalan Malioboro maupun Benteng Vredeburg di sisi timur. Dua bangunan saling berhadapan. Anda bisa memilih berfoto di sana, tanpa harus bayar.

Titik Nol KM Jogja
Titik Nol Kilometer Jogja. (Foto: Facebook/Titik Nol Kilometer Jogja)

Baca Juga: 100 Destinasi Wisata di Yogyakarta yang Banyak Dicari Orang Versi Google

7. Titik Nol Kilometer Yogyakarta
Di kawasan perempatan jalan Ahmad Yani (Malioboro), KH Ahmad Dahlan, Pangurakan dan Panembanhan Senopati ini bisa dibilang paling ramai. Hamparan ruas memungkinan wisawatan berjibun berfoto di sana. Anda bebas memilih dengan latar belakang bangunan cagar budaya yang berdiri megah di sana seperti Kantor Pos Besar atau Gedung BNI.

Jika belum puas, Anda bisa berjalan ke selatan di Jalan Pangurakan di Depan Museum Sonobudaya ada berbagai seni instalasi yang terpajang di sana.

8. Alun-alun Lor Yogyakarta
Dulu sebelum dipagari, banyak wisawatan berfoto ria di alun-alun yang menjadi halaman depan Keraton Yogyakarta. Bisa berfoto dengan latar belakang bangunan Bangsal Pagelaran Keraton yang megah. Setelah dipagari tetap bisa berfoto di sana namun berada di luar pagar.

Panggung Krapyak Yogyakarta
Panggung Krapyak Yogyakarta (Foto: Gmap/Jasa Service Ac Jogja Sentosa Teknik)

Baca Juga: Bukit Paralayang Watugupit, Wisata Keren dengan Spot Terbaik Berburu Sunset di Yogyakarta

9. Alun-alun Kidul Yogyakarta
Halaman belakang Keraton Yogyakarta ini tetap menarik untuk dijadikan spot foto keren. Bisa berfoto di antara dua pohon beringin kembar di tengah alun-alun atau memilih berlatar belakang salah satu dari pohon beringin kembar tersebut. Saat malam juga keren untuk berfoto sambil naik odong-odong di sini.

10. Panggung Krapyak
Bangunan menyerupai kubus ini penuh sejarah yang dibangun pada 1760 oleh pendiri Keraton Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) B I atau dikenal sebagai Pangeran Mangkubumi. Bangunan yang berada di Kampung Krapyak, Kalurahan Panggungharjo, Kapanewon Sewon, Kabupaten Bantul ini merupakan cagar budaya. Anda bisa berfoto dengan latar belakang bangunan yang memiliki ukuran luas 17,6 meter x 15 meter dan tinggi 10 meter ini. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *