Sejarah Hari Ibu dan 35 Ucapan Penuh Makna untuk Bunda Tercinta

  • Whatsapp
Hari Ibu
Seorang ibu buruh gendong di Pasar Beringharjo Yogyakarta. (Foto: Facebook/Didiet Raditya)

Yogyakarta – Setiap tanggal 22 Desember diperingati Hari Ibu. Hari di mana merupakan buah dari perjuangan kaum perempuan Indonesia yang ditandai dengan Kongres Perempuan pertama tahun 1928 yang digelar di Yogyakarta. Sekitar 30 organisasi perempuan dari 12 kota di Jawa dan Sumatra ikut dalam kongres ini.

Tujuan dari kongres ini untuk mempersatukan cita-cita dan usaha memajukan perempuan Indonesia. Selain itu juga untuuk menggabungkan organisasi-organisasi perempuan Indonesia dalam suatu badan federasi yang demokratis tanpa memandang latar belakang agama, politik, dan kedudukan sosial dalam masyarakat.

Read More

Baca Juga: Emak-emak asal Gunungkidul Melahirkan Bayi di ATM Jogja

Selanjutnya pada Kongres Perempuan Indonesia kedua digelar di Jakarta. Hasil dari kongres ini salah satunya membentuk Badan Pemberantasan Buta Huruf (BPBH). Hasil kongres lainnya yakni menentang perlakukan tidak wajar kepada buruh perempuan di perusahaan batik di Rembang, Jawa Tengah pada 1935.

Kongres ketiga digelar di Bandung yang menetapkan tanggal 22 Desember sebagai Hari Ibu sekaligus menjadi tonggak sejarah Hari Ibu di Indonesia. Presiden Soekarno melalui Dekrit Presiden nomor 316 tahun 1959 menetapkan 22 Desember sebagai Hari Ibu dan dirayakan secara nasional. Presiden Soekarno pasa peringatan Hari Ibu 22 Desember 1965 menegaskan perempuan adalah tiang negara.

Baca Juga: Anak Petani Sayur asal Kulon Progo Diterima Kuliah Gratis di UNY

Demikian sejarah singkat Hari Ibu di Indonesia. Untuk mengenang peran kaum perempuan, berikut 35 ucapan Hari Ibu penuh makna yang dirangkum dari artikel.rumah123.com:
1. Ibu memberikanku masa kecil penuh makna dan kegembiraan dalam hidupku, Selamat Hari Ibu.
2. Kamu selalu menjadi malaikat pelindungku di waktu kecil, Selamat Hari Ibu.
3. Aku mencintaimu sepanjang hidupku, maafkan aku jika tidak sepenuhnya menghargaimu. Selamat Hari Ibu.
4. Selamat Hari Ibu, setiap malam aku selalu bersyukur atas pencapaianku selama ini karena doa Ibu.
5. Terimakasih atas pelukan, semangat, tindakan cinta penuh kasih yang selalu terasa pada sosok Ibu.
6. Terimakasih atas waktu, perhatian, dan cintamu sedari kecil hingga aku sukses pada hari ini. Selamat Hari Ibu yang Aku Sayangi.
7. Selamat Hari Ibu, aku tidak akan ada di sini tanpa sosokmu.
8. Hati yang penuh kelembutan dalam diriku adalah cerminanku terhadap seorang Ibu. Selamat Hari Ibu!
9. Setiap hari adalah hari Ibu karena kasih Ibu sepanjang masa.

Baca Juga: Anak Tak Mampu asal Gunungkidul yang Sering Dibuli Ini Lulusan Terbaik UNY

10. Karena Ibu adalah anugerah terindahku, Selamat Hari Ibu.
11. Terimakasih telah menjadi satu-satunya Ibu terbaik di dunia yang mencintaiku sepenuh hati.
12. Pelukmu selalu membuatku merasa nyaman dan penuh ketenangan, Selamat Hari Ibu.
13. Engkau adalah sosok luar biasa dan penuh dedikasi tinggi, Selamat Hari Ibu!
14. Karena Ibu adalah selalu memberikanku yang terbaik, Selamat Hari Ibu!
15. Kebaikanmu tak pernah terucap tapi selalu teringat penuh makna, Selamat Hari Ibu!
16. Menggenggam tangan penuh kehangatan dan kelembutan selalu menjadi inspirasimu Ibu, Selamat Hari Ibu!
17. Kasih sayang dan ketulusan Ibu selalu memberikanku makna cinta kasih yang sesungguhnya, Selamat Hari Ibu!
Selain dalam bentuk ucapan pesan, tak ada salahnya jika kamu merangkai ucapan selamat hari Ibu dengan unsur jenaka berikut ini :
18. Terima kasih Ibu, sudah selalu sabar mengingatkan dan membangunkanku untuk salat subuh. Walaupun dengan cara meletakkan alarm di samping telinga.
19. Dari Ibu aku belajar sebuah jutsu, dimana hanya dibutuhkan selembar tisu untuk bisa membawa pulang berbagai jenis snack saat kondangan. Terima kasih Ibu.

Baca Juga: Hebat, Anak Buruh Tani asal Godean Sleman Lulusan Terbaik UNY

20. Cuma Ibu yang selalu nyalain HP saat aku sakit, tetapi tetap merawat dengan sepenuh hati. Terima kasih Ibu.
21. Jangan remehkan kekuatan Ibu, yang selalu bisa menebak saat kamu sudah salat atau belum. Segera salat sebelum diteror pesan berantai untuk meninggalkan salat. Terima kasih Ibu!
22. Jangan suka pamer status “sayang mama” di sosial media, kenyataan waktu mama di kantor polisi atau mama minta pulsa atau sms mama minta transfer pulsa masih gak dibalas.
23. Rame-rame bikin ucapan selamat hari Ibu di sosial media. Tapi kenyataannya belum tentu ngucapin langsung ke Ibunya. Ya, itulah anak Indonesia jaman sekarang.

hari ibu jogja
Seorang ibu di lereng Gunung Merapi. (Foto: Facebook/Yogyakarta)

24. Saat mencari sesuatu barang, dicari ke seluruh penjuru tak pernah ketemu. Giliran ibu yang nyari, tak perlu waktu lama. The power of Ibu. Terima kasih Ibu.
25. Jangan update status media sosial tentang hari Ibu atau ucapan selamat hari Ibu, kalau kamu masih ngedumel saat saat disuruh angkat jemuran!
26. Ya Allah berikan surga-Mu untuknya, karena dia adalah surga dalam hidupku. Selamat Hari Ibu, Bundaku tercinta.
27. Ya Allah, seandainya aku tidak memiliki cukup waktu untuk membahagiakan kedua orang tuaku, satu pintaku bahagiakan mereka dengan kasih sayang-Mu, amin.
28. Cinta & nikmat seorang Ibu tak ternilai harganya. Yang benar adalah apapun yang kita lakukan tidak akan pernah sebanding dengan pengorbanan & kasih sayang yang telah ditunjukkan Ibu. Selamat hari Ibu, bundaku!
29. “Walau mustahil menjadi Ibu yang sempurna, namun seorang Ibu pasti berusaha untuk menjadi Ibu terbaik bagi anak-anaknya. Jangan pernah menyerah denganku, Bu. Selamat Hari Ibu.”

Baca Juga: Perajin Batik di Kulon Progo Galang Dana Ciptakan Motif Gunung Semeru

30. Ibu memberiku masa kecil yang indah dan membawa kegembiraan dalam hidupku. Selamat Hari Ibu.
31. Cinta Ibu adalah yang paling menenangkan. Ia tak banyak wujud dan meneduhkan seperti oase di padang panjang nan gersang. Selamat Hari Ibu!
32. Hati seorang Ibu adalah ruang kelas tempat anaknya untuk belajar. Untuk Ibu, jangan menjadi lengah. Selamat Hari Ibu!
33. Ibu adalah pintu rahmat yang Allah bukakan untukmu, selamat hari Ibu.
34. Ya Allah. Balaslah kebaikan mereka (Ibu dan Bapak) karena telah mendidikku. Berikan ganjaran kepada mereka karena telah memuliakanku. Jagalah mereka sebagaimana memeliharaku di masa kecilku. Selamat Hari Ibu!
35. Setiap air mata yang pernah jatuh dari mata lelahmu atas namaku menjadi sungai untukmu di surga. Selamat Hari Ibu! []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *