Anak Tak Mampu asal Gunungkidul yang Sering Dibuli Ini Lulusan Terbaik UNY

  • Whatsapp
fahayu cum laude UNY
Fahayu Priristia, anak asal Gunungkidul lulusan terbaik UNY. (Foto: Istimewa)

Gunungkidul – Wisuda Doktor, Magister, Sarjana dan Diploma Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) periode Juni digelar di Auditorium UNY, Sabtu, 28 Agustus 2021. Untuk jenjang S1, indeks prestasi tertinggi diraih oleh Fahayu Priristia dari prodi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi, yaitu 3,93.

Perempuan kelahiran Gunungkidul, 1 Januari 1999 ini menceritakan kisah suksesnya. Dia mengaku hasil terbaik yang dicapainya ini salah satunya selalu terpacu karena teman-teman kuliahnya bersemangat belajar tinggi. “Kami biasa bekerja kelompok dalam menyelesaikan tugas,” kata Fahayu, Sabtu, 28 Agustus 2021.

Read More

Alumnus SMAN 1 Wonosari itu mengaku memilih program studi pendidikan akuntansi karena dorongan orang tua yang menginginkannya menjadi guru.

Baca Juga: Anak Petani Sayur asal Kulon Progo Diterima Kuliah Gratis di UNY

Warga Playen Gunungkidul ini mengaku masa sekolah dasar dilalui dengan keprihatinan. Fahayu sering dibully karena kondisi ekonomi keluarga. Selain itu, dari segi pendidikan tidak pernah masuk 10 besardi kelas. “Saya juga baru lancar baca tulis setelah kelas 6,” ungkapnya.

Saat masuk SMP anak bungsu pasangan Supriyono, seorang pedagang dan Resti Suciati tersebut mampu meraih posisi 10 besar. Salah satunya berkat kondisi lingkungan sekolah yang mendukung. Hal tersebut berlanjut hingga SMA dimana Fahayu masuk kelas IPA unggulan.

Baca Juga: Zetta, Anak Tukang Las Jagoan IT Dapat Beasiswa SEMESTA dan Gaji Bulanan

Saat duduk di bangku SMA ini dia banyak mengikuti lomba di antaranya Olimpiade Sains Nasional (OSN). Uniknya, walaupun Fahayu dari IPA namun dia mengikuti OSN di bidang IPS, sehingga menjadi satu-satunya siswa IPA yang berlaga di bidang IPS.

Hebatnya, Fahayu berhasil lolos juara 4 tingkat provinsi dan finalis tingkat nasional di bidang ekonomi. Saat ditanya alasan masuk IPS, Fahayu menjawab karena teman-temannya yang berprestasi di kelas semua mengikuti bidang IPA. “Agar mengurangi persaingan di bidang IPA, saya ikut IPS saja,” ungkapnya.

Baca Juga: Cerita Ririn Susanti, Anak Buruh Tani asal Seyegan Sleman Raih IPK Tertinggi UNY

Fahayu selama kuliah di UNY mendapatkan beasiswa PPA dan Bank Indonesia. Dia juga aktif dalam berbagai kegiatan di luar perkuliahan di antaranya mengikuti International Conference on Social Science and Economics di Korea serta Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional dan Kewirausahaan Mahasiswa Nasional yang diadakan Kemendikbudristek.

Fahayu juga membuat beberapa karya penelitian diantaranya kompres gel daun kupu-kupu untuk turunkan demam dan hair tonic dari limbah bonggol pisang sebagai solusi perawatan rambut alami. “Saya juga berharap untuk dapat melanjutkan jenjang S2 sesuai program studinya,” kata dia. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *