Tumpeng Menoreh Kulon Progo, Perpaduan Wisata Alam dan Kuliner yang Wajib Dikunjungi

  • Whatsapp
tumpeng menorah
Tumpeng menoreh jika di lihat dari atas ketinggian, terlihat sebuah bukit yang memang menyerupai bentuk tumpeng. (Foto: Instagram tumpengmenoreh)

Kulon Progo – Yogyakarta dikenal sebagai provinsi yang memiliki destinasi wisata yang lengkap, salah satunya keindahan dan keasrian alam di Kabupaten Kulon Progo. Di kabupaten paling barat Yogyakarta ini, ada destinasi wisata alam yang mulai beropersasi pada Mei 2021, yakni Tumpeng Menoreh.

Ya, Tumpeng Menoeh ini lokasinya di Sumbersari, Kapanewon Samigaluh, Kulon Progo, Yogyakarta. Berjarak sekitar 36 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta yang dapat ditempuh selama satu jam dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Read More

Baca Juga: Penampakan Keren Sepanjang Rel KA di Kulon Progo seperti Destinasi Wisata

Tumpeng Menoreh bisa menjadi pilihan untuk menikmati indahnya sunrise di pagi hari atau indahnya matahari terbenam di kala sore. Selain itu juga disuguhi dengan pemandangan alam indah yang masih asri yang dilengkapi dengan berbagai spot foto yang instagramable dan kekinian.

tumpeng menoreh kulon progo
Pengunjung dapat menikmati indahnya sunrise saat pagi hari sambil menikmati pemandangan
alam dan bukit yang indah dari atas ketinggian. (Foto: Instagram tumpengmenoreh)

Tempat wisata ini beroperasi selama 24 jam dalam satu hari, dari Senin hingga Minggu. Sehingga kalian tidak perlu khawatir saat ingin berkunjung kapan saja ke tempat ini.

Baca Juga: Bukit Paralayang Giri Sembung Kulon Progo, Destinasi Wisata yang Memacu Adrenalin

Lokasi tempat wisata ini berada di atas bukit dengan ketinggian mencapai 1.000 meter di atas permukaan air laut (mdpl). Di bagian puncak bukit bentuknya mirip dengan tumpeng. Itulah mengapa tempat wisata ini diberi nama Tumpeng Menoreh.

Selain bisa menikmati keindahan alam dari atas ketinggian, kita juga bisa merasakan dan mencicipi wisata kuliner yang ditawarkan di tempat wisata ini. Jadi tidak perlu khawatir merasa lapar atau haus saat berkunjung ke tempat ini.

kuliner tumpang menoreh
Berbagai macam makanan dan snack prasmanan yang ada di Tumpeng Menoreh yang dapat
dinikmati oleh pengunjung. (Foto: Instagram tumpengmenoreh)

Untuk harga yang ditawarkan dari setiap menu cukup murah. Mulai dari Rp3.000 hingga Rp40.000 saja, kalian sudah bisa merasakan sensasi nikmatnya berwisata kuliner dari atas ketinggian sambil menikmati indahnya view yang disuguhkan.

Baca Juga: Asyiknya Berburu Barang Antik dan Jadul di Pasar Seni Gabusan Bantul Yogyakarta

Menu yang ditawarkan cukup beragam mulai dari jajanan pasar dan makanan tradisional, prasmanan dan berbagai macam minuman. Mulai dari soto, mangut lele, brongkos, opor ayam, berbagai macam gorengan serta camilan dan makanan tradisional seperti geblek dan jadah.

Bagi kalian yang ingin berkunjung ke tempat wisata ini, untuk ikut merasakan sensasi wisata alam yang menenangkan berpadu dengan wisata kuliner yang menggugah selera. Kalian cukup merogoh kocek sebesar Rp50.000 untuk biaya tiket masuk. Harga tersebut sudah termasuk harga tiket serta voucher makan dan minum.

Baca Juga: Pantai Jogan, Pesona Menakjubkan Air Terjun Pengantin dengan Bibir Laut di Gunungkidul

Untuk fasilitas yang ditawarkan tempat wisata ini cukup lengkap mulai dari area parkir luas, musala, toilet, smoking area, warung makan dan minum lainnya serta berbagai spot foto yang menarik dan sangat Instagramable yang wajib untuk dicoba.

Jangan lupa untuk selalu siap membawa pakaian hangat seperti sweater atau jaket saat berkunjung ketempat wisata ini, khususnya saat berkunjung di malam hari. Karena lokasi tempat wisata ini berada di atas ketinggian tentu saja suhu udara menjadi lebih dingin apalagi saat malam hari. []

Artikel kiriman Luciani Berthin Aninda, Mahasiswa Public Relations ASMI Santa Maria Yogyakarta

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *