Menjaga Keharmonisan Alam, Merti Kali Tepus Sleman Rayakan Hari Sungai Nasional 2024

  • Whatsapp
merti sungai
Pemkab Sleman merayakan Hari Sungai Nasional dengan Merti Kali Tepus Cangkringan. (Pemkab Sleman)

BacaJogja – Setiap tanggal 27 Juli, Hari Sungai Nasional menjadi momen penting untuk menyadari pentingnya kelestarian sungai bagi kehidupan umat manusia.

Tahun ini, Pemkab Sleman melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sleman menggelar Merti Kali di Kali Tepus, Kiyaran, Wukirsari, Cangkringan. Ini sebuah acara yang merayakan serta merawat salah satu sumber kehidupan utama manusia.

Read More

Umroh liburan

Baca Juga: Mengintip Lensa Gen Z, Pameran dan Workshop Fotografi Kampus UMKLA Buka Jendela Kreativitas

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, hadir dalam acara tersebut dan memberikan dukungan penuh. Kustini mengingatkan bahwa air adalah sumber kehidupan, dan mengajak masyarakat untuk terus menjaga dan melestarikan sungai-sungai di Sleman.

“Kita harus bersyukur di Sleman ini dianugerahi sungai yang indah dan lestari. Sekarang kewajiban kita adalah menjaga dan terus melestarikannya,” ujarnya dengan semangat.

Baca Juga: Lapis Kraton dan Dimas Wismaya di Yogyakarta, Kejutan Wisata dan Layanan dalam Genggaman Gawai

Tema tahun ini, “Merajut Budaya Merawat Semesta,” dipilih untuk menggambarkan upaya kolaboratif dalam melestarikan sungai melalui budaya dan kearifan lokal.

Epiphana Kristiyani, Kepala DLH Kabupaten Sleman, menekankan bahwa kegiatan ini lebih dari sekadar seremonial. “Harapannya kegiatan ini bukan hanya sebatas acara seremonial, tapi juga mendorong aksi nyata dalam merawat dan menjaga kelestarian sungai,” jelasnya.

Baca Juga: Menguak Rahasia di Balik Silaturahmi Kapolres Kulon Progo Menyambangi Tokoh Agama

Rangkaian acara Merti Kali kali ini mencakup berbagai kegiatan tradisional dan simbolis, termasuk kirab gunungan, kenduri, pelepasan burung dan ikan, serta penanaman bibit pohon. Masyarakat Wukirsari yang tergabung dalam Komunitas Kali Tepus serta Forum Komunikasi Sungai se-Kabupaten Sleman turut berpartisipasi aktif dalam acara tersebut.

Dengan semangat gotong royong dan kebersamaan, Merti Kali di Kali Tepus bukan hanya merayakan Hari Sungai Nasional, tetapi juga menegaskan komitmen komunitas dalam menjaga dan merawat sungai demi masa depan yang lebih baik. []

Related posts