HastaRupa Art Exhibition, Kolaborasi Unik Seniman dan Hotel Grand Rohan Jogja yang Diprakarsai Dini Art Manajemen

  • Whatsapp
HastaRupa Art Exhibition
Suasana Pameran Seni oleh HastaRupa di Grand Rohan Jogja (Foto: Dava Putra/BacaJogja)

Baca Jogja — HastaRupa Art Exhibition merupakan pameran seni yang digelar oleh Dini Art Manajemen dengan menggandeng kelompok perupa aktif bernama HastaRupa serta pelaku industri perhotelan.

Pada kesempatan kali ini, mereka berkolaborasi dengan Hotel Grand Rohan Jogja, yang berlokasi di Banguntapan, Bantul, Yogyakarta. Acara ini dilaksanakan di area belakang lobi hotel dan dihadiri oleh banyak seniman serta penikmat seni.

Read More

Umroh liburan

Baca Juga: Forum Ukhuwah Islamiyah DIY Serukan Pilkada Damai dan Bermartabat

Pameran ini diprakarsai oleh para seniman dari kelompok HastaRupa, di antaranya Nursyam Filantrophy, Dwi Haryanta, Harman Kunst, Alfi Ardiyanto, Ida Ratnaningrum, Mujiyono, dan Ikhman Mudzakir. Para seniman ini berharap agar acara seperti ini dapat menjadi wadah bagi mereka untuk menampilkan sekaligus mempromosikan karya seni rupa melalui pameran.

HastaRupa Art Exhibition Jogja
Launcing acara HastaRupa Art Exhibition di Hotel Grand Rohan Jogja (Foto: Dava Putra/BacaJogja)

Tema HastaRupa diambil dari kata “hasta” yang berarti tangan, yang merupakan alat untuk melakukan berbagai aktivitas, termasuk menciptakan karya seni. “Dengan filosofi ini, diharapkan HastaRupa dapat meraih cita-cita untuk meningkatkan kreativitas, kesejahteraan, dan kebahagiaan melalui kreasi seni rupa,” ujar Nursyam Filantrophy, salah satu perupa HastaRupa.

Baca Juga: Waspada Cuaca Ekstrem di Jawa Tengah, BMKG Prediksi Hujan Lebat dan Angin Kencang

Pameran ini tidak hanya menguntungkan para pelaku seni, tetapi juga memberikan manfaat bagi pelaku usaha perhotelan. Asmoro Handriyanto, General Manager Hotel Grand Rohan Jogja, menyatakan ketertarikannya untuk berkolaborasi dengan para seniman karena ingin memberikan sentuhan berbeda di hotel.

Menurutnya, dengan adanya karya seni yang dipajang, hotel menjadi lebih hidup dan memiliki nuansa yang tidak monoton, yang menarik perhatian tamu ketika berkunjung.

Baca Juga: Menguak Sisi Menarik Taman Sari Yogyakarta: Jejak Sejarah, Mitos, dan Keagungan

Asmoro menambahkan bahwa acara ini tidak hanya bermanfaat bagi para seniman, tetapi juga menjadi media promosi bagi hotel. Kolaborasi ini membuktikan bahwa seni tidak hanya menjadi sarana ekspresi kreativitas, tetapi juga membuka peluang bagi berbagai industri untuk bekerja sama dan saling menguntungkan.

HastaRupa Art Exhibition menunjukkan bagaimana sentuhan seni dapat menghidupkan ruang dan memberikan pengalaman mendalam, baik bagi seniman, pelaku usaha, maupun pengunjung yang menikmati keindahan karya seni. []

Artikel Kiriman: Dava Putra Anandya
Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Related posts