Pengajian Akbar SMA Muhi Yogyakarta: Hadiah Umrah dari Rektor UMY untuk Guru Berprestasi

  • Whatsapp
hadiah umrah
Pengajian Akbar SMA Muhammadiah 1 Yogyakarta, Ada hadiah Umrah dari Rektor UMY untuk Guru Berprestasi. (Istimewa)

BacaJogja – Dalam rangkaian penutupan Milad ke-75, SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta (Muhi) menggelar pengajian akbar yang meriah di Sportorium UMY pada Selasa, 22 Oktober 2024. Acara tersebut dihadiri sekitar 500 peserta, termasuk siswa, guru, dan tenaga kependidikan.

Ustadz Drs. H. Wijayanto, M.A. diundang sebagai penceramah utama dengan tema “Wujudkan Generasi Qur’ani dengan Semangat Fastabiqul Khairat.”

Read More

Umroh akhir tahun

Acara dimulai sejak pagi dengan khataman Alquran oleh seluruh warga sekolah, diikuti penampilan tim hadroh dan nasyid dari SMA Muhi. Kegiatan pengajian resmi dimulai pada pukul 08.00 WIB, dengan kehadiran perwakilan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Yogyakarta, serta perwakilan dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga DIY.

Baca Juga: Praktis Tanpa Repot, Layanan e-Porter Terintegrasi dengan Access by KAI, Ini Keunggulannya

Kepala SMA Muhi, Drs. H. Herynugroho, M.Pd., dalam sambutannya menekankan pentingnya peran pemuda dalam dakwah dan sebagai agen perubahan. Di tengah tantangan globalisasi dan digitalisasi, ia menyoroti perlunya membangun generasi Qur’ani yang mampu memahami, mengamalkan, dan mempertahankan nilai-nilai Alquran dalam kehidupan sehari-hari.

Motivasi dari Alumni dan Hadiah Umrah

Prof. Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, MP.,IPM.,ASEAN Eng., Rektor UMY dan alumni SMA Muhi, hadir memberikan motivasi kepada para siswa. Ia mengungkapkan kebanggaannya menjadi bagian dari SMA Muhi dan menekankan pentingnya pendidikan karakter dalam membentuk kader Muhammadiyah yang berintegritas.

Baca Juga: Pemanfaatan Sampah Organik untuk Budidaya Lidah Buaya, Solusi Pertanian di Yogyakarta

Sebagai wujud rasa syukur atas kesuksesannya, Rektor UMY menghadiahkan satu paket umrah gratis untuk SMA Muhi. Penerima hadiah umroh ini akan ditentukan oleh kepala sekolah.

Selain itu, tiga guru dan tenaga kependidikan yang memenuhi syarat juga menerima penghargaan umroh reguler. Program tahunan ini memberikan kesempatan bagi mereka yang telah mengabdi lebih dari 20 tahun untuk menjalankan ibadah umrah selama 10 hari.

Kepala sekolah juga memberikan penghargaan masa kerja kepada guru dan tenaga kependidikan yang telah mengabdi selama 15 hingga 35 tahun.

Baca Juga: Serikat Pekerja Tembakau DIY Tolak Kebijakan Kemasan Polos, Calon Wawali Wawan Hermawan Angkat Bicara

Ustaz Wijayanto: Pentingnya Membangun Generasi yang Bertaqwa

Dalam ceramahnya, Ustaz Wijayanto menekankan pentingnya menyeimbangkan tiga aspek dalam tubuh manusia: perut, kepala, dan hati. Hal ini sejalan dengan pesan Alquran dalam surah An-Nisa ayat 9, yang mengingatkan orang tua untuk mempersiapkan generasi yang kuat dalam iman, karakter, dan kemandirian duniawi.

Ia juga mengajak para peserta untuk bertakwa kepada Allah dan membangun generasi Qurani yang tangguh dan berakhlak mulia.

Dengan pengajian akbar ini, SMA Muhi terus meneguhkan komitmennya dalam mencetak generasi muda yang berkarakter Qurani dan berkontribusi positif bagi bangsa dan agama. []

Related posts