Ini Dia Rangkaian Kegiatan Ikatan Keluarga Gunungkidul

  • Whatsapp
Syawalan IKG
Ketua Umum IKG, Eddy Sukirman saat membacakan sambutan Syawalan Virtual Gubernur dan Wakil Gubernur DIY di Anjungan Provinsi DIY, Taman Mini Indonesia Indah, 31 Mei 2021. (Foto: Istimewa)

Gunungkidul – Ikatan Keluarga Besar Gunungkidul (IKG) bersama sembilan perwakilan paguyuban/diaspora Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) di Jabodetabek ikut dalam acara Syawalan Virtual Gubernur dan Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta. Acara berlangsung di Anjungan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Taman Mini Indonesia Indah, pada 31 Mei 2021.

Perwakilan Paguyuban warga DIY di Jabodetabek yang hadir antara lain Trah HB, Trah Pakualaman, Yayasan Bhakti Yogya, Ikatan Keluarga Gunungkidul (IKG), Sleman Manunggal Sembada, Paguyuban Warga Kota, Bakor PKP, dan Paguyuban Warga Yogya.

Read More

Umroh liburan

Ketua Umum IKG, Eddy Sukirman dalam sambutannya mewakili paguyuban warga DIY di Jabodetabek menyampaikan selamat Idul Fitri. Selain juga menyampaikan kebahagiaan dan kebanggaan warga DIY di perantauan yang selalu kompak dan terkoneksi satu sama lain sehingga kebijakan maupun hasil kebijakan yang dilaksanakan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X beserta Wakil Gubernur DIY dan pemerintah DIY dapat dinikmati dan dirasakan oleh semuanya.

sambutan bupati gunungkidul
Bupati Gunungkidul Sunaryanta saat membacakan sambutan Syawalan Virtual Halal Bihalal keluarga besar IKG di Anjungan Provinsi DIY, Taman Mini Indonesia Indah, 1 Juni Juni 2021.(Foto: Istimewa)

Menurut dia, hasil pembangunan DIY tidak hanya dirasakan oleh masyarakat kota Yogyakarta, Sleman, Kulon Progo, Bantul dan Gunungkidul saja. “Tetapi juga sangat dirasakan oleh masyarakat perantauan di seluruh wilayah NKRI dan khususnya warga yang merantau di wilayah Jabodetabek,” kata Eddy Sukirman.

Di Yogyakarta, Syawalan Virtual dipusatkan di Gedhong Pracimasana, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta. Hadir secara luring adalah Sri Sultan Hamengku Buwono X beserta Gusti Kanjeng Ratu Hemas, Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X beserta isteri dan jajaran kepala Forkopimda DIY, sedangkan untuk Kepala OPD serta bupati/ walikota, dan juga perwakilan masyarakat DIY tetap daring dari kantor masing-masing. Sedangkan di Jakarta dikoordinir oleh Banhubda DIY dan dihadiri oleh para perwakilan dari 9 Paguyuban Warga DIY di Jabodetabek.

Halal Bihalal IKG

Bertepatan dengan peringatan Hari Lahir Pancasila, di tempat yang sama di Anjungan DIY, Taman Mini Indonesia Indah, secara khusus IKG pada 1 Juni 2021 juga menyelenggarakan Halal Bihalal keluarga besar IKG. Kegiatan dihadiri secara daring Bupati Gunungkidul Sunaryanta, Wakil Bupati Gunungkidul Heri Susanto, Sekda Gunungkidul Drajad Ruswandono dan jajaran Forkipimda Gunungkidul.

sambutan Ketua Umum IKG
Ketua Umum IKG, Eddy Sukirman saat membacakan sambutan Syawalan Virtual Halal Bihalal keluarga besar IKG di Anjungan Provinsi DIY, Taman Mini Indonesia Indah, 1 Juni Juni 2021. (Foto: Istimewa)

Kemudian secara luring perwakilan dari Banhubda DIY, Dewan Pengawas IKG, BPH IKG, Para Kabid BPH IKG, perwakilan dari Koordinator Kapanewon, dan Koordinator Wilayah IKG. Acara digelar dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ketat.

Ketua Umum IKG, Eddy Sukirman selain menyampaikan ucapan Idul Fitri, juga menyampaikan harapan warga IKG untuk Pemkab Gunungkidul agar semakin semangat, sukses dan mampu membawa Gunungkidul yang lebih maju, moderen dan sejahtera.

Eddy mengatakan, mewakili 300 ribu anggota IKG yang berada di Jabodetabek menyampaikan kebanggaan kepada Bupati Gunungkidul beserta jajarannya agar senantiasa diberi kesehatan dan kekuatan. “Kami warga Gunungkidul yang berada di perantauan selalu mendukung program baik Pemkab Gunungkidul baik melalui sinergi pengembangan investasi, UMKM, Pariwisata, Olahraga dan lainnya,” katanya dalam sambutan.

koperasi jasa IGK
Pengukuhan Pengurus Koperasi Jasa IKG sekaligus sebagai bentuk telah diluncurkan secara resmi Koperasi Jasa IKG. (Foto: Istimewa)

Bupati Gunungkidul dalam sambutannya menyampaikan bahwa atas nama Pemkab sangat terbuka warga IKG di Jabodetabek untuk melakukan investasi di Gunungkidul sehingga bersama-sama memiliki semangat yang sama dalam membangun Gunungkidul. “Kami membuka seluas-luasnya Warga IKG jika ingin melakukan investasi di Gunungkidul. Ke depannya kita dengan semangat bersama, kita bangun Gunungkidul menuju yang lebih baik,” ungkapnya.

Peluncuran Koperasi Jasa IKG

Sebagai rangkaian dari acara Halal Bihalal IKG, BPH IKG juga melakukan Pengukuhan Pengurus Koperasi Jasa IKG sekaligus sebagai bentuk telah diluncurkan secara resmi Koperasi Jasa IKG. Koperasi Jasa IKG saat ini secara legalitas telah komplit dan secara kepengurusan, lokasi, dan perangkat pendukung lainnya juga telah siap. Antara lain untuk keberadaan Kantor dan Gudang Koperasi, baik kantor pusat/sekretariat, kantor dan gudang wilayah barat, Wilayah Timur, Wilayah Selatan, serta menyusul wilayah-wilayah lainnya.

Ketua Koperasi Jasa IKG Periode 2021 – 2026, Wasono Raharjo menjelaskan koperasi ini sebagai bentuk penguatan potensi ekonomi anggota IKG yang produktif, dilandasi semangat guyub rukun, gotong royong bagi warga Gunungkidul di Jabodetabek dan sekitarnya.

koperasi IKG
Pengukuhan Pengurus Koperasi Jasa IKG sekaligus sebagai bentuk telah diluncurkan secara resmi Koperasi Jasa IKG. (Foto: Istimewa)

Dalam rangka memudahkan keluarga besar IKG dalam mengakses Koperasi Jasa IKG, saat ini telah ada aplikasi Koperasi Jasa IKG yang dapat diakses melalui aplikasi Koperasi IKG yang diberi nama KOOTA di https://koperasi.koota.id/login. Selain untuk melayani kebutuhan pendaftaran anggota, juga untuk ragam kebutuhan lain seperti transaksi perbankan, pembayaran listrik, pembelian pulsa, dan lainnya.

Ketua Umum IKG, Eddy Sukirman saat melakukan pengukuhan Pengurus Koperasi Jasa IKG menekankan pada pengurus agar bekerja benar, jujur, memiliki loyalitas dan integritas serta transparan. “Harapannya kehadiran Koperasi Jasa IKG ini benar-benar mampu membangkitkan ekonomi rakyat khususnya warga IKG di Jabodetabek, dan ke depannya memiliki manfaat yang langsung bagi anggota maupun warga IKG,” ujar Dewan Pengawas Koperasi Jasa IKG ini. []

Baca Juga:

Related posts