Bantul Terima 297.370 Dosis Vaksin, Padahal Sasaran Target 824.370 Orang

  • Whatsapp
rakor corona bantul

Bantul – Pemkab Bantul bertekad segera menciptakan herd immunity masyarakat melalui program vaksinasi. Hal tersebut mengemka dalam Rapat Koordinasi Percepatan Vaksinasi Covid-19, Jumat, 6 Agustus 2021.

Kepala Dinas Kesehatan Bantul Agus Budi Raharja melaporkan jumlah vaksin yang diterima hingga 5 Agustus 2021 berjumlah 239.860 dosis Vaksin Sinovac dan 57.510 dosis vaksin Astra Zeneca, sehingga total vaksin yang diterima 297.370 dosis. “Untuk total target sasaran vaksinasi di Bantul berjumlah 824.370 orang,” katanya.

Read More

Umroh liburan

Dia mengatakan, sasaran prioritas vaksinasi adalah kelompok lansia 59 tahun keatas, kelompok masyarakat usia 50-59 tahun, disabilitas, ODGJ, kelompok masyarakat daerah zona rawan Covid-19 secara epidemiologi yakni Kapanewon Banguntapan, Sewon dan Kasihan. “Sasaran prioritas selanjutnya adalah kelompok masyarakat umum usia 18-50 tahun dan kelompok remaja usia 12-17 tahun,” katanya.

Baca Juga: Sultan HB X Minta di Yogyakarta jika Satu Positif, 15 Orang Ditracing

Kepala Dinkes menyampaikan rencana tindak lanjut yang akan dilakukan yakni untuk sasaran web ikutvaksin.bantulkab.go.id dilakukan oleh Tim Rumah Sakit dan Sentra I/II Kabupaten, sasaran anak sekolah 12-17 thn dilakukan oleh Tim Polres dan Kodim. Sasaran internal wilayah dilakukan oleh Tim Puskesmas dan untuk sasaran mobile dilakukan oleh Tim Vaksinator Mobile (Dinkes, Organisasi Profesi dan backup yang diperlukan).

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih mengatakan, harus melakukan langkah yang lebih cepat dan lebih signifikan untuk mampu menekan angka kematian akibat Covid-19 dengan cara mempercepat vaksninasi dan. Selain itu segera melakukan pemindahan pasien isolasi mandiri untuk dibawa ke shelter dan isoter yang telah disediakan.

“Saat ini, di Bantul baru dilakukan vaksinasi sekitar 27 persen. Targetnya dalam waktu yang tidak lama ini harus bisa mencapai 75 persen,” kata bupati.

Baca Juga: Sri Sultan HB X Sebut Vaksinasi Covid-19 Sudah 50 Persen Total Penduduk Yogyakarta

Menurut dia, dosis vaksin sudah dibagikan ke Pemda, Kodim dan Polres, maka perlu adanya koordinasi yang baik dan sempurna agar vaksin tersebut bisa terdistribusi serta terinjeksi secara cepat kepada masyarakat di Bantul.

Wakil Bupati Joko B. Purnomo sekaligus Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid19 Bantul mengatakan, stok ketersediaan vaksin yang dimiliki Pemkab Bantul saat ini hanya tinggal sekitar 1.300 dosis vaksin. Saat ini Pemkab Bantul juga telah mengajukan permohonan bantuan dosis vaksin ke Kemenkes dan Pemda DIY. (Pemkab Bantul)

Related posts