Pantai Jogan, Pesona Menakjubkan Air Terjun Pengantin dengan Bibir Laut di Gunungkidul

  • Whatsapp
Pantai Jogan
Pemandangan Pantai Jogan Gunungkidul. (Foto: Facebook/Mas Yogo)

Gunungkidul – Pantai Jogan, satu dari sekian pantai yang menakjubkan di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Pantai yang berada di Dusunn Duwet, Kalurahan Purwodadi, Kapanewon Tepus ini berbeda dengan pantai yang ada di Yogyakarta bahkan Indonesia.

Ya, pantai yang terletak di jajaran pegunungan Gunungkidul ini merupakan pertemuan air terjun sungai dengan bibir laut lepas. Air terjun dari sungai yang berair tawar terjun pulang ke laut, begitu kira-kira.

Read More

Umroh liburan

Baca Juga: Bukit Paralayang Giri Sembung Kulon Progo, Destinasi Wisata yang Memacu Adrenalin

Air terjun ini diberi nama Air Terjun Pengantin. Konon ada yang mengatakan, jika mandi di bawah air terjun itu bagi yang masih jomblo, akan cepat menemukan jodoh. Jika sudah punya kekasaih maka rezeki akan lancar.

Terlepas cerita itu, yang jelas pemandangan di sana luar biasa menakjubkan yang diapit tebing tinggi khas pegunungan kapur. Keunikan pantai Jogan ini belum setenar dengan destinasi wisata pantai lainnya di Gunugkidul. Namun, pesona alam yang ditawarkan dengan sekali datang membuat wisatawan bakal kepincut untuk kembali datang.

Pantai Jogan Gunungkidul
Pemandangan Pantai Jogan Gunungkidul. (Foto: Facebook/Mas Yogo)

Jaraknya sekitar 74 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta. Lokasi pantai ini tidak jauh dari Pantai Siung dan Pantai Nglambor. Untuk mengunjungi pantai Jogan ini juga masuk melewati pos retribusi Pantai Siung.

Baca Juga: Bukit Paralayang Watugupit, Wisata Keren dengan Spot Terbaik Berburu Sunset di Yogyakarta

Pantai Jogan beroperasi 24 jam sepanjang hari. Tiket masuk pun murah meriah. Hanya Rp4.000 untuk memasuki area air terjun dan mandi di sana. Untuk parkir hanya Rp3.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil. Memang untuk menuju ke pantai ini jalannya belum aspal mulus, namun cor blok yang sebagian sudah pecah-pecah. Jika perjalanan malam juga gelap karena belum dilengkapi lampu penerangan.

air terjun pantai Jogan
Pemandangan Pantai Jogan Gunungkidul. (Foto: Facebook/Mas Yogo)

Fasilitas yang ada di Pantai Jogan ini belum lengkap seperti layaknya pantai lainnya yang sudah hits. Sementara ini fasilitas yang ditawarkan antara lain gazebo, spot foto, warung, parkir dan toilet.

Daya tarik utama di Pantai Jogan ini adalah Air Terjun Pengantin. Air terjun alami dari sungai ini langsung berhubungan dengan bibir laut menjadi lokasi favorit pengunjung untuk bermain-main air. Perpaduannya memang harmoni antara air terjun dan birunya laut memang sangat langka.

Baca Juga: Ini Dia, 17 Destinasi Wisata Keren Selain Pantai di Gunungkidul Yogyakarta

Deburan ombak di Pantai Jogan sendiri cukup kencang, apalagi jika keadaan laut sedang pasang. Di sekitar pantainya terdapat bebatuan dengan beragam ukuran.

Ketinggian air terjun sekitar 10 meter. Semakin banyak air di sungai semakin deras pula air terjunnya. Dengan kata lain, saat musim kemaraau panjang, kadang sungai tidak mengalir yang otomatis air terjun pun tidak ditemukan.

Di area Grojogan Pengantin ini menawarkan wahana rappeling atau menuruni tebing pada air terjun tersebut dengan seperangkkat tali. Hampir sama seperti panjang tebing, bedanya hanya pada medan yang dilalui. Tentu ini menjadi tantangan tersendiri dengan menaiki tebing air terjun setinggi 10 meter ini.

Berani terima tantangan ini? Silakan mencoba. []

Related posts