Yogyakarta Hanya Sleman yang Dapat Hibah Sarana Budidaya Ikan Air Tawar dari KKP

  • Whatsapp
hibah ikan air tawar sleman
Forkompimda Sleman melepaskan benih ikan air tawar bantuan dari KKP. (Istimewa)

BacaJogja – Kabupaten Sleman menerima hibah sarana dan prasarana budidaya ikan air tawar dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Dari Yogyakarta, hanya Bumi Sembada yang menerima bantuan hibah ini.

Hibah melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) ini diberikan kepada 31 kelompok budidaya ikan se-Kabupaten Sleman. Penyerahan dilakukan di umbul Sidomulyo, Brintikan, Tirtomartani, Kalasan, pada Kamis, 13 Juni 2024.

Read More

Baca Juga: Bahan, Peralatan dan Cara Mudah Membuat Pisang Cokelat Lumer ala Mahasiswa UNY

Sarana budidaya ikan air tawar yang dihibahkan ada beberapa macam, diantaranya benih ikan, pakan ikan, papan nama, pompa air, motor roda tiga, timbangan digital duduk, pemotong rumput, pagar kolam galvalum, tanki/wadah ikan, tabung oksigen dan regulator.

Plt. Kepala Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Kabupaten Sleman, Suparmono, menyebutkan jumlah bantuan KKP untuk Kabupaten Sleman tahun ini sebesar Rp6,45 miliar. Bantuan ini kemudian diserahkan kepada 31 kelompok pembudidaya ikan air tawar, dan 1 Kelompok pengolahan dan pemasaran hasil perikanan (poklahsar).

Baca Juga:Sleman Luncurkan Silamanda dan Biola Delman untuk Tingkatkan Perikanan

“DAK dari KKP ini tidak semua daerah mendapat. Selama ini di DIY hanya Kabupaten Sleman yang mendapatkan. Itu karena pertimbangan potensi dan pertimbangan lainnya. Ini perlu kita syukuri,” ujarnya.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo, berharap hibah ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, dan dapat meningkatkan kualitas dan hasil produksi ikan air tawar di tempatnya masing-masing.

Baca Juga: Foto-foto Kemeriahan Kontes Arwana Club Yogyakarta #3 di SCH Sleman

Dia mengatakan, hasil budidaya ikan dari para penerima hibah nantinya juga akan dievaluasi oleh Pemkab Sleman. “Nanti akan kita evaluasi, kita adakan lomba. Untuk yang hasilnya bagus nanti kita kasih hadiah,” kata Kustini.

Selain menyerahkan hibah sarana budidaya ikan air tawar, Bupati Sleman juga melakukan penebaran benih ikan nilem dan ikan tawes di sungai Opak yang tak jauh dari tempat tersebut. Bupati juga menyerahkan 10 paket bantuan dari BAZNAS Sleman untuk warga kurang mampu. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *