Sleman Luncurkan Silamanda dan Biola Delman untuk Tingkatkan Perikanan

  • Whatsapp
inovasi perikanan sleman
Sleman meluncurkan dua inovasi perikanan yakni Silamanda dan Biola Delman untuk meningkatkan kualitas perikanan. (Foto: Pemkab Sleman)

BacaJogja – Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo, meleunching inovasi Produksi Nila Sleman Sembada (Silamanda) dan Bioflok Nila Model Sleman (Biola Delman) pada Minggu, 1 Oktober 2023.

Peluncuran dua inovasi ini digagas Dinas Pertanian, Pangan, dan Perikanan Kabupaten Sleman. Peluncuran dilakukan dalam acara Festival Perikanan Kabupaten Sleman bertempat di UPTD PBPP Perikanan, Pakem, Sleman.

Read More

Baca Juga: Anda Pecinta Ikan Hias dan Tanaman? Silakan Merapat di Jogja Agro Expo

Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Sleman, Suparmono, menjelaskan inovasi Silamanda merupakan varian nila merah yang dihasilkan dari persilangan antara nila hitam nirwana wanayasa betina, dengan pejantan nila merah yang tidak ada bercak hitamnya dari PT. Aquafarm.

Nila merah Silamanda ini memiliki keunggulan Pertumbuhan cepat yang mencapai 700 gram dalam waktu 1 tahun, tahan serangan penyakit, dan warna merah merata.

Sedangkan Biola Delman yakni teknologi pembesaran ikan dengan sistem bioflok. Teknologi ini memiliki keunggulan padat tebar tinggi dengan lahan terbatas, Tidak ada pergantian air selama masa pemeliharaan, pertumbuhan cepat dengan rata-rata 2,5 bulan panen, dan konversi pakan rendah.

Baca Juga: Pemkab Sleman Kembangkan Budidaya Timun Baby untuk Kesejahteraan Petani

Suparmono mengatakan, inovasi ini diharapkan dapat menjawab kebutuhan pasar akan tingginya permintaan nila merah. “Khususnya di wilayah DIY,” katanya dalam kegiatan yang digelar mulai tanggal 29 September 2023 hingga 1 Oktober 2023 ini.

Bupati Kustini mendukung kegiatan serta peluncuran dua inovasi ini. Diharapkan inovasi ini dapat semakin meningkatkan kualitas produksi ikan, sekaligus meningkatkan kesejahteraan para petani ikan di Kabupaten Sleman.

“Untuk itu perlu terus dikampanyekan gemar makan ikan, terutama bagi bagi anak-anak. Karena dengan rutin mengonsumsi ikan, akan dapat meningkatkan kecerdasan para generasi penerus bangsa,” ucapnya.

Baca Juga: Kadisoro Aquatic Expo Dongkrak Ekonomi Desa Wisata Dewi Kaji Bantul

Berbagai digelar guna memeriahkan acara tersebut, diantaranya Mini Contest Chana yang memperebutkan piala Bupati Sleman, lomba kreasi menu ikan, fun mancing, lomba ewarnai yang diikuti anak usia 5 – 7 tahun dari seluruh Sleman.

Ada juga pameran ikan Hias oleh Assosiasi Pembudidaya Ikan Hias (APIS), pameran produk KWT binaan DP3 Sleman, dan penandatanganan prasasti UPTD PBPP Periakan oleh Bupati Sleman. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *