Hasil Survei PKB Elektabilitas Calon Wali Kota Jogja: Heroe Poerwadi Teratas, Afnan dan Singgih Menyusul

  • Whatsapp
rilis pkb kota jogja
Ketua DPC PKB Kota Yogyakarta Solihul Hadi memberikan keterangan pers kepada awak media. (Foto: BacaJogja)

BacaJogja – DPC PKB Kota Yogyakarta melakukan survei terkait popularitas dan elektabilitas dari nama-nama yang muncul dan dikabarkan maju sebagai bakal calon wali kota dan wakil wali kota pada Pilkada Kota Yogyakarta. PKB menggandeng Abhipraya Indonesia Consultant (AIC) sebagai pelaksana survey.

Ketua DPC PKB Kota Yogyakarta Solihul Hadi mengatakan, survei dilaksanakan dengan metode purposive random sampling melibatkan 660 responden. Seluruhnya tersebar secara proposional di 14 kecamatan dan 45 kalurahan. “Margin of error dari survei yang dilakukan pada 30 Mei hingga 2 Juni 2024 itu di kisaran 4 persen,” katanya dalam siaran pers, Rabu, 26 Juni 2024.

Read More

Baca Juga: Liburan Asyik dengan Schooliday KAI Wisata, Ada Diskon 15 Persen

Menurut dia, dari hasil survei tersebut, tokoh paling populer adalah Heroe Poerwadi. Mantan Wakil Wali Kota Ygyakarta itu dikenal oleh 91,21 persen warga. Kemudian berurutan di bawahnya adalah mantan PJ Walikota Jogja, Singgih Raharjo 78,4 persen dan anggota DPD RI, M Afnan Hadikusumo 62,27 persen.

Sementara pada urutan popularitas keempat dan kelima, muncul nama Danang Rudyatmoko dan Imam Priyono Dwi Putranto. Popularitas Ketua DPRD Kota Jogja dan mantan Wakil Walikota Jogja 2011-2016 itu mencapai 49,39 persen dan 44,39 persen.

Baca Juga: Gerakan Petani Cabai Sleman Peduli Inflasi, Jaga Pasokan Aman Sepanjang Tahun

Kemudian dalam survey tertutup calon wali kota dan wakil wali kota, elektabilitas Heroe Poerwadi berbanding lurus dengan popularitasnya. Heroe berada pada puncak elektabilitas yang mencapai 52,73 persen sebagai kandidat calon wali kota. M Afnan Hadikusumo dan Singgih Raharjo masih menempati urutan kedua dan dan ketiga dengan 20,76 persen dan 11,52 persen.

Berbeda dengan hasil survei tertutup elektabilitas wakil walikota. Sebagai wakil wali kota, Singgih Raharjo menempati urutan tertinggi mencapai 21,06 persen. Disusul pada posisi kedua dan ketiga survei elektabilitas wakil walikota yakni M Afnan Hadikusumo (13,64%) serta salah satu anggota DPRD DIY, Eko Suwanto (9,24%).

Baca Juga: Universitas Amikom Yogyakarta Ranking Pertama Dunia Versi WURI 2024 Kategori Leadership

Caleg PKB terpilih untuk DPRD Kota Yogyakarta ini mengungkapkan, sari survei yang dilakukannya, juga menjaring sejumlah permasalahan yang dirasakan sebagian besar warga Kota Jogja. Di antaranya terkait pengelolaan sampah, kesenjangan pendapatan atau kemiskinan, dan lapangan pekerjaan. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *