Destinasi Wisata Sungai Mudal, Oase Kedamaian Tersembunyi di Kulon Progo

  • Whatsapp
Sungai Mudal
Sungai Mudal Kulon Progo (Foto: Nor Adham Alghoniy/BacaJogja)

BacaJogja – Surga alam tersembunyi di Kulon Progo Yogyakarta yang semakin dikenal wisatawan lokal maupun mancanegara. Sungai Mudal dengan airnya yang jernih menjadi destinasi wisata alam yang menawarkan pengalaman menyatu dengan alam yang tak terlupakan.

Di kelilingi hutan lebat, sungai ini menjadi tempat yang tepat untuk melepaskan diri dari hiruk pikuk kota dan merasakan kesejukan alam yang menyejukkan.

Read More

Umroh liburan

Baca Juga: Lima Destinasi Wisata Yogyakarta Terbanyak Dipesan di Aplikasi Maxim

Keindahan Sungai Mudal terletak pada kejernihan airnya yang berwarna biru kehijauan yang dikelilingi bebatuan alam dan vegetasi yang lebat.

Di sini Anda bisa menikmati beragam aktivitas, mulai dari berenang di laut, berjalan-jalan di sepanjang sungai, atau sekadar duduk-duduk di tepian untuk melepas penat dan bersantai sambil menikmati suara air.

Baca Juga: Winongo Jogja River Festival, Destinasi Wisata Baru Kawasan Barat Kota Yogyakarta

“Senang, karena sungai mudal bisa jadi tempat wisata untuk me refresh pikiran terutama saya sebagai mahasiswa yang jenuh dan penat dengan segala aktivitas perkuliahan dan tugas tugas kuliah, tiket masuk sungai mudal juga sangat affordable bagi mahasiswa dengan tempatnya yang bersih,” ujar Fitria, wisatawan asal Kebumen.

Selain wisata alamnya, Sungai Mudal uga menjadi salah satu contoh wisata yang mengutamakan perlindungan lingkungan. Pengelola lokal bekerja sama dengan masyarakat lokal untuk memastikan kebersihan dan perlindungan alam di sekitar sungai.

Baca Juga: Destinasi Wisata Gunung Cilik dan Becici Bantul Hari Ini Listrik Padam

Hal ini termasuk membatasi jumlah pengunjung per hari dan menerapkan aturan ketat terhadap larangan membuang sampah sembarangan.

Keistimewaan lain dari Sungai Mudal adalah terbentuknya air terjun kecil dan kolam alami di beberapa tempat di sepanjang sungai. Air terjun ini semakin menambah pesona sungai dan populer di kalangan wisatawan sebagai spot fotogenik.

Baca Juga: Daftar Destinasi Wisata di Sleman yang Siap Dikunjungi Saat Libur Lebaran

“Sungai mudal memiliki air yang sangat indah dengan warna birunya, juga memiliki beberapa spot air terjun yang menjadikan daya tarik tambahan bagi para pengunjung dan juga Sungai Mudal memiliki beberapa spot yang sangat menarik, salah satunya adalah terapi ikan,” ujar Paundra, wisatawan asal Jambi.

Dengan pesona dan keindahannya, Sungai Mudal terus menarik perhatian para pecinta alam maupun mereka yang mencari ketenangan di tengah keindahan alam. Dengan semakin meningkatnya popularitas Sungai Mudal, diharapkan ke depannya Sungai Mudal tetap alami dan dapat dinikmati oleh wisatawan.

Bagi mereka yang mencari oase kesegaran dan kedamaian di Yogyakarta, Sungai Mudal adalah destinasi yang sayang untuk dilewatkan. []

Artikel kiriman Nor Adham Alghoniy
Mahasiswa Ilmu komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Related posts