Daftar Destinasi Wisata di Sleman yang Siap Dikunjungi Saat Libur Lebaran

  • Whatsapp
grojogan watu purbo sleman
Destinasi wisata grojogan watu purbo sleman. (Foto: Facebook/Huda Pikatan Jatiningrat)

BacaJogja – Dinas Pariwisata Sleman dan pengelola destinasi optimistis diprediksi kunjungan wisawatan mengalami peningkatan pesat saat liburan Lebaran 2022. Sejumlah destinasi wisata siap menyambut wisatawan, namun ada juga yang belum beroperasi karena faktor kondisi Gunung Merapi.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Suparmono mengatakan, pengelola destinasi rata-rata optimis liburan Lebaran 2022 akan memberi geliat lebih dalam kenaikan kunjungan wisatawan. “Prediksi kenaikan sampai dengan 100 sampai 150 persen dibandingkan saat libur Natal dan Tahun Baru yang lalu,” katanya.

Read More

Baca Juga: Daftar Lima Destinasi Wisata di Sleman Ditutup Dampak Aktivitas Merapi

Dia memaparkan destinasi wisata di Sleman yang sudah siap menerima kunjungan wisata antara lain Desa Wisata Grogol, Desa Wisata Blue Lagoon, Desa Wisata Kelor, Desa Wisata Tanjung, Desa Wisata Pancoh, Desa Wisata Bukit Teletubbies, Desa Wisata Sambirejo, Desa Wisata Pulesari, Watu Purbo dan Desa Wisata Garongan.

Destinasi wisata di Sleman lainnya juga sudah menyiapkan diri menyambut kunjungan wisatawan. “Para pengelola sudah siap menerima kunjungan pada liburan Lebaran dan cuti bersama dengan menyediakan paket-paket menarik, termasuk atraksi khas desa wisata,” jelasnya.

Baca Juga: Destinasi Wisata Lereng Merapi Tutup, Kaliurang dan Jeep Lava Tour Tetap Buka

Sedangkan untuk kawasan wisata yang masih ditutup karena aktivitas Merapi. Destinasi wisata tersebut antara lain Bukit Klangon, Bunker Kaliadem, dan Mbah Maridjan. “Kami masih berproses koordinasi dengan BPBD Kabupaten Sleman dan lembaga terkait, apakah keamanannya sudah kondusif untuk dapat beroperasional kembali atau belum,” ungkapnya.

Menurut dia, menyambut liburan Lebaran ini, sejumlah destinasi wisata sudah mempersiapkan menyambut wisatawan. Studio Alam Gamplong mensetting 40 persen perubahan set atau spot baru, termasuk perubahan setting tampilan kota di studio. Dan saat ini juga masih menunggu izin hak cipta untuk wahana baru spot studio.

Baca Juga: Ekspose Wisata Tebing Breksi dan Tiga Candi di Prambanan Sleman

Selain itu, Jogja Bay yang baru melakukan renovasi lingkungannya untuk memberikan wajah yang lebih menarik yang ditargetkan saat libur Lebaran siap untuk menerima wisatawan. Taman Wisata Tebing Breksi yang saat ini sudah memulai dengan Pasar Raya Ramadan dan terus melakukan pengembangan fasilitas pendukungnya untuk meningkatkan layanan dan kenyamanan wisatawan.

“Kawasan Wisata Kaliurang diagendakan mulai 30 April akan digelar Festival Lampion dengan tema baru yang didesign menarik untuk para pengunjung,” kata Suparmono. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *