Kanwil DJPb DIY dan UPN Veteran Yogyakarta Rancang APBN Center

  • Whatsapp
APBN Center
Kanwil DJPb DIY dan UPN Veteran Yogyakarta merancang berdirinya APBN Center sebagai bagian dari edukasi fiskal. (Istimewa)

BacaJogja – Dalam upaya meningkatkan literasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), Kanwil Ditjen Perbendaharaan (DJPb) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjalin kerja sama strategis dengan Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta.

Salah satu program yang diusulkan adalah pendirian APBN Center di kampus, yang bertujuan memperkuat pemahaman masyarakat, terutama generasi muda, tentang pentingnya APBN dalam perekonomian negara.

Read More

Umroh liburan

Baca Juga: Yusi Ananda Rilis Single “Palestina”, Donasikan Seluruh Hasil untuk Warga Gaza

Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Kepala Kanwil DJPb DIY, Agung Yulianta, dan Rektor UPN Veteran Yogyakarta, Prof. Dr. Mohamad Irhas Effendi, M.Si., dilangsungkan dalam acara Diseminasi Kajian Fiskal Regional (KFR) Triwulan II 2024 dan Expo UMKM, di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN Veteran Yogyakarta, Kamis, 26 September 2024.

Agung menekankan pentingnya sinergi antara akademisi dan pemerintah dalam meningkatkan pemahaman terkait kebijakan fiskal dan APBN. “Kami berharap APBN Center dapat menjadi sumber informasi penting terkait penerimaan pajak, bea cukai, perbendaharaan, dan pengelolaan aset negara, serta mendukung literasi APBN di kalangan akademisi dan masyarakat luas,” ujarnya.

Baca Juga: ‘Gronjalan Sewu’ di Jalan Letjen Suprapto Yogyakarta Viral dan Bikin Kesal Pengendara

Selain edukasi fiskal, kerja sama ini diharapkan melibatkan para akademisi dalam memberikan rekomendasi kebijakan keuangan negara serta evaluasi terhadap kebijakan fiskal yang sedang dijalankan.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama UPN Veteran Yogyakarta, Dr. Hendro Widjanarko, S.E., M.M., menyambut baik kolaborasi ini, menyebutnya sebagai langkah penting menuju Indonesia Emas 2045. Menurutnya, literasi APBN akan membantu masyarakat menghadapi tantangan global, seperti perubahan iklim dan fluktuasi ekonomi.

Baca Juga: Proyek Infrastruktur Sleman Capai 90%: Mall Pelayanan Publik dan Fasilitas Wisata Siap Diluncurkan Akhir 2024

Selain diskusi tentang APBN, acara ini juga menghadirkan “Expo UMKM Pasar Tibankeu” yang menampilkan 44 booth UMKM dan berbagai aktivitas interaktif, termasuk live music, games, dan talkshow tentang UMKM.

Melalui kerja sama ini, Kanwil DJPb DIY dan UPN Veteran Yogyakarta berharap dapat memberikan kontribusi nyata dalam memperkuat literasi APBN dan mendorong pertumbuhan ekonomi berbasis pengetahuan.[]

Related posts