Ribuan Warga di Titik Nol KM Jogja Peringati Satu Tahun Agresi Israel, Serukan Pembebasan Palestina

  • Whatsapp
aksi bela palestina
Ribuan orang ikut dalam Aksi Bela Palestina di Titik Nol KM Yogyakarta, Minggu, 13 Oktober 2024. (Istimewa)

BacaJogja – Forum Ukhuwah Islamiyah (FUI) DIY bersama segenap ormas Islam kembali menggelar aksi bela Palestina pada Minggu, 13 Oktober 2024 di Titik Nol KM Jogja. Sekitar 3.000-an orang hadir dalam aksi yang bertema “Satu Tahun Menyala Palestinaku” ini.

Aksi ini secara khusus dilaksanakan untuk memperingati satu tahun telah berlangsungnya agresi Israel ke Gaza Palestina. Satu tahun itu pula yang telah menyebabkan kehancuran, kebinasaan dan penderitaan besar-besaran dirasakan oleh warga Palesina.

Read More

Umroh akhir tahun

Baca Juga: Gowes APTISI V dan Universitas Sanata Dharma: Makin Eratkan Kolaborasi Perguruan Tinggi Yogyakarta

Ketua Presidium FUI DIY, HM. Syukri Fadholi, menyatakan, apa yang terjadi di Palestina saat ini tidak boleh dibiarkan terus berlangsung, karena yang terjadi adalah upaya pemusnahan sebuah bangsa atau genosida. “Apalagi kita sebagai ummat Islam tentu merasa sangat tersayat dengan kondisi yang dialami rakyat Palestina yang mayoritasnya pemeluk Islam,” katanya.

Syukri mengatakan, warga Palestina saat ini akan segera menghadapi musim dingin, sementara sudah tidak ada lagi tempat tinggal, makanan, minuman, listrik, bahan bakar dan lain-lain. Apa yang dilakukan oleh Israel sudah bukan perbuatan manusia lagi, sangat keji. “Semoga Allah, menolong saudara kami di Palestina dan menghancurkan kedzaliman Israel,” tegansya.

Baca Juga: Perpustakaan “Mutiara Ilmu” MIMUHGA Kulon Progo Terima Wakaf Alquran dari UMY

Dalam aksi kali ini juga dihadiri Ustadz Bachtiar Nashir yang secara khusus mengajak warga DIY melakukan konvoi kendaraan bertajuk Indonesia Peace Convoy (IPC). Acara konvoi dimulai dari Masjid Jogokaryan, berlanjut melalui berbagai ruas jalan di Kota Yogyakarta dan berakhir di Titik Nol KM Jogja.

“Hari ini kita akan konvoi yang keenam dalam rangka seribu kilometer pertama untuk Masjidil Aqsa,” ungkap Ustadz yang akrab dipanggil UBN kepada wartawan, Minggu, 13 Oktober 2024.

Jogja peduli palestina
Ribuan orang ikut dalam Aksi Bela Palestina di Titik Nol KM Yogyakarta, Minggu, 13 Oktober 2024. (Istimewa)

UBN menegaskan, konvoi IPC ini juga bakal digelar di sejumlah kota seperti Malang-Bromo, Makasar hingga Kalimantan Selatan. “Aksi tidak hanya di Jogja, tapi di kota-kota lain,” tegasnya.

Dalam orasinya di Titik Nol KM, UBN menyampaikan keprihatinannya terhadap kondisi di Gaza Palestina dan menyatakan bahwa perlawanan terhadap penindasan di Palestina adalah bagian dari jihad global umat Islam. Dia menekankan bahwa semangat perjuangan harus terus dikobarkan oleh umat Islam di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

UBN mengajak masyarakat Indonesia untuk tidak pernah mundur dalam memperjuangkan kebebasan Palestina dan Masjidil Aqsa. “Indonesia memiliki posisi strategis sebagai negara dengan mayoritas Muslim terjauh dari Masjidil Aqsa, namun kita harus tetap menjadi bagian dari perjuangan ini,” tegasnya.

Baca Juga : Spot Instagramable di Obelix Sea View Yogyakarta: Sunset, Pantai Selatan, Wahana Seru, dan Kuliner

Sementara itu, koordinator Aksi Palestina, Akhid Subiyanto menyampaikan, bahwa aksi mendukung perjuangan Palestina akan terus digelar hingga Pelestina mendapatkan kemerdekaan.

“Yang kami lakukan ini tentu sangat terbatas dan kecil kontribusinya buat saudara kita di Palestina, dan ini yang mampu kami lakukan. Terus mangajak masyarakat memberi dukungan moral buat bangsa Palestina, mengajak untuk memboikot produk pro Israel, mengajak berdonasi. Semoga yang kecil ini terus menjaga asa, menyalakan semangat kemerdekaan Palestina.” jelas pendiri Teras Dakwah Yogyakarta ini.

jogja aksi palestina
Ribuan orang ikut dalam Aksi Bela Palestina di Titik Nol KM Yogyakarta, Minggu, 13 Oktober 2024. (Istimewa)

Lima Pernyataan Sikap FUI DIY

1. Pembelaan terhadap Palestina adalah amanah konstitusi sesuai Pembukaan UUD 1945, yang harus terus didukung hingga Palestina meraih kemerdekaan. FUI DIY bersama ormas dan umat Islam di DIY akan terus melakukan aksi nyata mendukung perjuangan rakyat Palestina.

2. Permintaan kepada pemerintahan Indonesia mendatang agar memperjuangkan kemerdekaan Palestina lebih kuat, menolak upaya normalisasi dengan Israel, dan mendukung keputusan ICJ serta Resolusi Majelis Umum PBB yang memerintahkan Israel hengkang dari Palestina.

3. Seruan kepada negara-negara Islam dan Arab untuk membatalkan atau tidak membuka hubungan diplomatik dengan Israel hingga Palestina merdeka.

Baca Juga: BPKH Limited Gandeng Sidra Capital untuk Kelola 5 Hotel di Arab Saudi

4. Desakan kepada PBB, OKI, Liga Arab, dan masyarakat internasional untuk lebih tegas menghentikan kejahatan Israel, serta menangkap dan mengadili pemimpin Israel yang bertanggung jawab atas genosida di pengadilan internasional (ICC).

5. Ajakan kepada masyarakat Indonesia, khususnya di Yogyakarta, untuk memboikot produk-produk Israel dan negara pendukungnya, mendonasikan bantuan kemanusiaan, menyebarluaskan informasi tentang perjuangan Palestina di media sosial, dan memanjatkan doa untuk kemenangan Palestina serta kehancuran Israel. []

Related posts